Para Juara Dalang Bocah Unjuk Karya

Para Juara Festival Dalang Bocah, Wuwus Nanang Galih Carito dari Trenggalek, dan Sadwika Aji Sembodo dari Surabaya, akan unjuk karya dalam acara Gelar Padang Rembulan 2010, di halaman Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Jalan Gentengkali 33 Surabaya, hari Rabu, tanggal 22 Desember 2010, diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Wuwus adalah Siswa SMP Negeri 2 Kec. Dongko, Trenggalek, pernah menjuarai Festival Dalang Bocah tingkat Jatim 2008 dan menyusul menjadi Juara Umum tingkat nasional tahun yang sama. Saat itu dia masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Sedangkan Sadwika adalah siswa SMP Negeri 12 Surabaya, Penyaji Terbaik Festival Dalang Bocah tingkat Jatim tahun 2010. Kedua dalang ini akan membawakan pakeliran padat sekitar satu jam.

Sadwika akan mengawali acara tersebut pada siang hari, pukul 13.00 WIB, dengan pergelaran Wayang Kancil yang memilih lakon Prabu Singa Barong. Pergelaran ini mirip wayang kulit biasa, namun tokoh-tokohnya berupa binatang, sehingga ceritanya berkisar pada nilai-nilai kearifan yang bercermin dari kehidupan dunia binatang (fabel).

Sedangkan Wuwus, akan unjuk karya dalam pergelaran wayang purwo, pukul 20.30 WIB, membawakan lakon Pembebasan Ekacakra, yang berkisah tentang ketamakan Raja Eracakra yang memakan rakyatnya sendiri. Kekejaman Prabu Baka ini kemudian dilawan oleh Pandawa yang membantu rakyat tertindas agar terbebas dari angkara murka rajanya.

Setelah Wayang Kancil, pukul 14.00, acara dilanjutkan dengan Dialog Seni Budaya, menghadirkan dosen ISI Surakarta, Dr. Suyanto, S.Kar, MA dan Sumari, S.Kar, pengurus Pepadi Pusat dan penulis buku wayang untuk anak sekolah. Malam harinya, pukul 19.00, diawali dengan pergelaran aneka tari oleh Sanggar Tari Pandu Siwi Surabaya, Tetembangan oleh SDN Rangkah VI Surabaya, dan musik Ul Daul dari Paguyuban Peminat Seni Tradisi (PPST) SMAN 3 Pamekasan, serta PPST SMKN IX Surabaya yang membawakan tarian Muang Sangkal. Gelar Padang Rembulan yang kedua ini dipungkasi dengan pergelaran wayang purwo semalam suntuk, oleh Dalang Ki Sinarto dari Sidoarjo, dengan lakon Sang Bima.

Masih dalam rangkaian acara yang sama, besok malamnya, Kamis, 23 Desember, juga dipentaskan Ludruk Lintas Generasi, yaitu gabungan Ludruk Karya Budaya Kota Mojokerto dengan Ludruk Remaja SMA Taman Siswa Kota Mojokerto. Pertunjukan akan diawali oleh atraksi seni tari oleh SD dan SMP Islam Terpadu “Permata” Kota Mojokerto. Kali ini pementasan dilakukan di Taman Krida Budaya, Jl. Soekarno Hatta, Malang. (*)

Surabaya, 17 Desember 2010
UPT Pendidikan dan Pengembangan Kesenian Taman Budaya

Drs. Karsono, M.Pd
Kepala

Info: 031.8490366 – 8438227

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: