Digagas Jaringan Pelaku Seni Candi

Sebuah jaringan bagi pelaku seni budaya yang tertarik dengan candi, sedang digagas untuk dibentuk bersamaan dengan acara Srawung Seni Candi VII, yang bakal digelar di situs Candi Sukuh, Karang Anyar, Surakarta, 31 Desember 2010 – 1 Januari 2011.

Festival seni tahunan yang diprakarsai Suprapto Suryodarmo dari Padepokan Lemah Putih Solo ini mengacu pada tradisi masyarakat desa setempat sekitar Gunung Lawu, seperti upacara Wahyu Kliyu, Patra Dita, Pasar Kumandang, Mandasiya, dan Surya Jawi (ruwatan kuda). Ditambah keberadaan candi-candi Hindu buatan abad ke-15, seperti Sukuh, Cetho, Pelanggatan, Panggung, dan Kethek, di sekitar punggung Gunung Lawu, SSC yang diadakan sejak tahun 2004 menjadi satu-satunya festival seni adat dalam lingkup candi.

Dalam hal khusus situs candi, yang merupakan cagar budaya, terdapat relief-relief yang menggambarkan nilai-nilai hidup yang banyak dianut oleh orang Jawa di masa lalu umpamanya Candi Sukuh dan Candi Cetho yang berisi relief-relief cerita Dewaruci, Sudamala dan Garudeya. Cerita Dewaruci merupakan ajaran pencerahan jati diri. Cerita Sudamala cerita tentang ruwatan Bathari Durga yang berubah menjadi cantik rupawan. Cerita Garudeya adalah kisah perjalanan Sang Garuda. Garuda sebagai simbol di banyak wilayah juga menjadi lambang dari negara kita berupa Garuda Pancasila, dengan filsafatnya Bhinekka Tunggal Ika.

Nilai-nilai yang bisa digali dari peninggalan-peninggalan tersebut bisa menjadi acuan, semangat, dan inspirasi di dalam proses mawujud nilai-nilai pusaka pustaka pujangga, yang akan sangat berguna bagi perkembangan seni budaya di Indonesia pada khususnya dan di dunia pada umumnya. Mulai dirasa pentingnya peranan srawung seni candi yang ke-enam yang lalu bisa dilihat dari banyaknya minat seniman maupun budayawan yang bersedia terlibat di dalam usaha merefleksikan diri maupun membabar ciptaan keluhuran dari tiap-tiap seniman, baik dalam gaya kesenian rakyat, kesenian tradisi maupun garap seni modern dalam lahan ungkap manusia alam dan Tuhan.

Dipilih kata Srawung Seni Candi karena diharapkan perhelatan ini masih mempunyai rasa kebersamaan, gotong royong, bowo roso, ngudo roso, ngobrol ringan, percakapan-percakapan hangat antara penonton, pengamat, maupun penyaji. Dalam kata Seni Candi, diharapkan semua yang terlibat mampu mereguk inspirasi dari cerita-cerita relief, arsitektur alam dan adat masyarakat setempat. Dalan kaitan inilah, maka sebagai peningkatan dari acara-acara sebelumnya, maka dalam SSC VII juga diawali dengan diskusi mengenai Jaringan Pelaku Seni Candi, yang diharapkan terbentuk pada saat acara. Jaringan ini terbuka bagi semua seniman berbagai disiplin (bukan hanya seni pertunjukan), budayawan, pengamat atau pelaku seni budaya, kalangan akademisi, masyarakat adat, berbagai komunitas masyarakat, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Seperti acara biasanya, SSC bukan hanya melibatkan peserta dari dalam negeri saja, melainkan juga mancanegara. Beberapa yang sudah tercatat misalnya: Dari Inggris, Scotlandia, Irlandia, Jerman, Amerika Serikat. Sementara dari dalam negeri, antara lain: Miroto (Yogyakarta), Sitras Anjilin, Tutup Ngisor, Nyoman Sura, Tyas, Suprapto Suryodarmo, Seni Teku Yogyakarta, Wangi Indriya (Indramayu), Arman Dewanti (Makasar), juga ada yang datang dari Kalimantan, dan Bandung.

Masih sangat terbuka kesempatan bagi siapa saja untuk hadir sebagai peserta aktif maupun partisipan.

Info lebih lanjut, silakan kontak:
1. Suprapto Suryodarmo: 0815 4851 1018, email: info@lemahputih.com
2. Retno Sayekti Lawu: 0856 4744 3011,email: rest_lawu@lycos.com
3. Henri Nurcahyo: 0811 23100 832, email: henrinurcahyo@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: