Gagasan lelang perupa muda: 26-30 Agustus 2009

lelang akan diadakan tanggal 30 Agustus.
preview: 26-29 Agustus
deadline: 14 Juli 2009
kirimkan foto dan data karya anda ke newart.sidharta@gmail.com

Rekan-rekan perupa,
SIDHartA Auctioneer sedang merencanakan untuk membuat sebuah lelang dengan tajuk Artfordable (karya seni yang terjangkau) yang khusus untuk perupa muda, terutama yang karyanya belum pernah terjual dalam pameran atau bahkan belum pernah dipamerkan sekalipun. Jika anda perupa muda dan karya anda sudah pernah atau laris terjual, mungkin ini bukan lelang yang cocok untuk anda, tapi tentunya kami tidak melarang kesertaan anda. Semua perupa muda kami undang dan dipersilakan mengirimkan entries.
Lelang ini memang dimaksudkan untuk menggairahkan pasar yang selama ini cenderung lesu dengan suatu koleksi karya-karya yang segar. Belakangan ini, terutama pada tahun lalu, karya yang tampil di lelang-lelang hanyalah karya perupa yang sudah ketauan dapat laku bahkan laris terjual. Namun setelah krisis ekonomi dunia, minat masyarakat dunia atas karya senirupa, terutama senirupa kontemporer turun drastis. Sementara, yang muncul di lelang-lelang adalah karya perupa yang itu-itu lagi. Lelang perupa muda ini diharapkan dapat menggairahkan pasar.
Lelang ini juga dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada perupa muda untuk memperkenalkan karya mereka kepada publik yang lebih luas: kalangan kolektor, pengelola galeri, dealer seni, bahkan spekulan. SIDHartA Auctioneer akan menampilkan karya-karya yang terpilih dalam katalog dan memamerkannya sebelum lelang.
Kriteria untuk lelang ini adalah: karya perupa muda dengan gagasan yang baru atau menarik, mungkin dapat dianggap menarik untuk kolektor baru dan untuk itu, harganya pun terjangkau. Memang sulit untuk menentukan batasan harga, tapi keemungkinan kisaran harga karya yang akan ditampilkan adalah dalam kategori estimasi sebagai berikut: Rp. 1 – 1.500.000; Rp. 2 – 3.000.000; Rp. 3 – 4.500.000; Rp. 4 – 6.000.000; Rp. 5 – 7.500.000. Ada kemungkinan untuk karya dengan estimasi lebih tinggi, tergantung kekuatan karya, atau medium dan ukuran. Selain estimasi, perupa juga harus menyetujui reserve, yaitu batas harga di mana perupa harus merelakan karya itu lepas kepada penawar, jika batas itu sudah tercapai dan tidak ada penawaran lebih lanjut.
Soal harga memang banyak pihak melihat bahwa lelang bisa merusak harga pasar. Ini terutama dikemukakan oleh para perupa yang karyanya sudah laku bahkan laris di harga yang cukup tinggi. Memang, kalau misalnya dalam lelang muncul karya mereka yang mungkin tidak sebaik yang biasa terjual, atau dari perioda yang kurang populer, atau menggunakan medium dan ukuran yang berbeda, dan sebagainya, tentunya hal ini mungkin saja terjadi. Namun perlu juga diingat bahwa seringkali kenaikan harga untuk karya seorang perupa itu juga diakibatkan hasil lelang yang baik (tinggi)
Dalam bisnis lelang, balai lelang mendapatkan pemasukan dari komisi, yang didasarkan pada harga yang terjadi. Karena itu balai lelang tentunya akan berharap setiap karya yang ditawarkannya itu bisa terjual dengan harga yang tinggi, agar komisinya tinggi juga. Tapi tentunya seberapa tinggi harga yang dapat tercapai tergantung dari seberapa berani seorang kolektor atau pengelola galeri atau spekulan, berani menawar karya tersebut. Hal itu kemudian kembali ke seberapa menariknya karya itu, dan itu tergantung dari gagasan dan penggarapannya.
Jika anda berminat untuk mencoba menawarkan karya anda dalam lelang perupa muda ini, silakan kirimkan karya-karya anda melalui email, ke:

newart.sidharta@gmail.com

dan disertai keterangan:

nama perupa
judul karya
tahun pembuatan
medium
ukuran

gagasan penciptaan
perkiraan harga yang diharapkan

dan juga nama dan email pengirim, serta alamat lengkap.

Tidak ada pembatasan medium. Anda boleh mengirimkan karya seni lukis, patung, art object, instalasi, dsb.
Setelah diterima, karya akan diseleksi dan perkiraan harga akan diberikan. Setelah itu akan diadakan proses negosiasi harga. Pada saat inilah ketentuan bisnis yang lebih rinci akan dikirimkan juga.
Untuk lelang ini, calon peserta lelang tidak dipungut biaya apa-apa di depan. Pihak Sidharta Auctioneer akan memungut komisi yang akan dikurangi langsung dari hasil lelang.

Jika sekiranya anda anggap lelang ini bukan untuk anda, namun mengenal perupa lain yang mungkin karyanya sesuai, mohon bantuan anda untuk meneruskan informai ini kepada mereka. Kalau mereka ada di FB, mohon ditag ke note ini.

Terima kasih.
Kami nantikan entries anda.
Salam

Amir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: