Istigasah Korban Lumpur Diawali Performance Art

Sidoarjo – Istigasah yang dilakukan ratusan korban lumpur dalam rangka peringatan tiga tahun lumpur Lapindo, Jumat, diawali dengan “performance art” (pentas seni) yang dilakukan oleh seniman Ilham J Baday.

“Performance art” yang dilakukan di tanggul pos pantau Desa Siring itu bercerita tentang kesedihan yang menimpa korban lumpur Lapindo.

“Lakon yang saya tampilkan tadi, bukan acara untuk bersenang-senang, melainkan untuk mengutarakan kesedihan korban lumpur,” katanya saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Jatim, Jumat.

Dalam penampilannya tersebut, Ilham sempat membentangkan seutas tali plastik bermotif merah dan hitam bertuliskan “danger” yang dianggap sebagai garis polisi melingkari panggung tempat istigasah berlangsung.

“Bentangan tali tersebut sebagai gambaran jika semburan lumpur merupakan suatu bentuk kasus yang kesalahan manusia yang bisa berakibat fatal dan memakan korban banyak,” katanya.

Menurutnya, semburan lumpur itu disebabkan karena kelalaian manusia dan bukan merupakan bencana alam. “Saya melihat semburan lumpur ini sebagai kelalaian manusia, karena besar kemungkinan akan ada Lapindo – Lapindo lain dan bisa terjadi kapan dan oleh siapa saja,” katanya.

Aktivitas peringatan tiga tahun lumpur Lapindo ini juga diikuti oleh ratusan korban lumpur.

Doa bersama yang digelar di atas tanggul Desa Siring ini dihadiri Bambang Sulistomo, putra pahlawan nasional Bung Tomo, juga Sholahuddin Wahid, anggota Komnas HAM, Kabul Supriadi, dosen Unair Dr Tjuk Sukiadi dan Wakil Kepala DPRD Sidoarjo, Jalaluddin Alham.

Selain doa bersama, acara ini juga disertai dengan pesan-pesan menuntut pembayaran 80 persen yang belum dibayarkan. Pesan itu dituliskan di spanduk yang digantung di sekitar lokasi.

Spanduk itu antara lain bertuliskan, “SBY Harus Bertindak Tegas Terhadap PT Minarak Lapindo Jaya untuk Segera Bayar 80 persen”, “Cukup 3 Tahun penderitaan korban lumpur dan sudah saatnya kita bangkit”.

Indra Setiawan
antarajatim, Jumat, 29 Mei 2009 19:21:35

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: