Pemugaran Gedung Mitra Surabaya Dianggarkan Rp10 M

Surabaya – Pemugaran bekas gedung Mitra Surabaya yang rencananya dijadikan gedung kesenian akan dimulai 2009 dengan perkiraan anggaran sekitar Rp10 miliar.

“Pemugaran akan dimulai 2009 ini karena desainnya sudah selesai dan diharapkan 2010 nanti sudah bisa digunakan untuk aktivitas kesenian,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Surabaya, Dra Wiwiek Widayanti di Surabaya, Selasa.

Ditemui seusai membuka workshop ludruk, ia mengemukakan, keberadaan gedung Mitra itu nantinya diharapkan menjadi salah satu alternatif berkesenian di Surabaya, selain gedung Cak Durasim yang ada di komplek Taman Budaya Jawa Timur (TBJT).

“Gedung Mitra ini kami desain ulang sehingga representatif untuk kegiatan kesenian di tengah kota. Gedung Mitra itu bukan benda cagar budaya. Karena itu tidak ada masalah jika gedung itu dipugar,” ujarnya.

Hanya saja, ia mengakui bahwa keberadaan gedung yang dulunya digunakan untuk bioskop itu memang berdiri di kawasan yang di dalamnya terdapat gedung cagar budaya, yakni Balai Pemuda.

“Balai Pemuda itu memang merupakan benda cagar budaya yang harus dilindungi, tapi bekas gedung Mitra adalah bangunan baru. Meskipun demikian, desain pemugarannya akan menyesuaikan dengan keberadaan cagar budaya di kawasan itu,” katanya.

Mengenai kabar bahwa gedung itu akan dijadikan perpustakaan, Wiwiek menegaskan bahwa hal itu tidak benar. Keberadaan perpustakaan di kawasan itu hanya akan menjadi pelengkap dari gedung kesenian.

“Perpustakaan itu kan bisa digunakan oleh kalangan seniman juga. Nanti gedung itu bisa dimanfaatkan sebagai ruang pameran atau galeri juga,” katanya.

Masuki M. Astro
antarajatim, Selasa, 31 Mar 2009 11:48:16

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: