Sanusi + Broto = Sabrot

PRIA ini memang dikenal sebagai Sabrot Dodong Malioboro. Nama itu pula yang tercetak pada seluruh catatan identitas resminya. Padahal, 63 tahun lalu, anak pasangan Muttahar dan Marnipah tersebut tidak bernama Sabrot.

Slamet Sanusi Broto. Itulah nama yang diberikan orang tuanya. Nama tersebut terus melekat sampai menjelang dewasa. Lebih tepatnya, saat dia memutuskan jadi penyair. “Mulai SMA kelas satu, saya mulai belajar jadi penyair. Sejak itu saya pakai nama Sabrot,” tuturnya.

Itu adalah modifikasi nama aslinya. Slamet dihilangkan. Sedangkan Sanusi Broto digabung menjadi Sabrot. Kata Dodong, menurut Sabrot, berasal dari nama penyair tenar Jabar bernama Dodong Djiwapradja. Sempat minta izin pakai nama itu? ”Ya enggak lah,” ungkap kakek delapan cucu tersebut.

Nah, sedangkan Malioboro tidak lain adalah nama jalan ternama di Jogjakarta yang juga dikenal sebagai tempat seniman berkumpul. Ketika masih kecil, Sabrot ikut ayahnya yang bekerja di Perusahaan Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) di dekat Malioboro.

Lantaran sering dipakai, nama Sabrot lebih terkenal daripada aslinya. Kawan-kawannya pun tak tahu nama asli Sabrot.

Proses ganti nama ketika itu mudah saja. ”Dulu kan tidak repot. Sekolah ganti nama, ya ganti saja,” katanya santai. Orang tua Sabrot pun baru tahu hal itu empat tahun setelah Sabrot ganti nama. ”Gara-gara ada teman yang nyari Sabrot di rumah. Ibu nggak ada, eh lha kok saya malah keluar,” tuturnya.

Kena marah? Tentu saja. Karena kadung cinta, Sabrot mempertahankan nama barunya. ”Marahnya sampe ndak karu-karuan. Pernah pas saya tidur itu mau disiram minyak gas,” tuturnya.

Entah karena tak digubris atau sebab yang lain, ayah dan ibunya merelakan nama Slamet Sanusi Broto diganti dengan Sabrot Dodong Malioboro. Pada 1973, nama itu resmi dicatatkan di dinas kependudukan Kota Surabaya. (any/dos)

Jawa Pos, Minggu, 01 Maret 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: