Petarung Hidup, Kolaborasi Jabo-Henky

SURABAYA – Musisi kontemporer Sawung Jabo bersiap meluncurkan album baru. Kali ini, dia tidak sendirian. Dia bersenyawa dengan seniman Henky Kurniadi. Kerja sama dua teman lama itu unik karena Jabo harus menerjemahkan tiga sajak karya Henky ke dalam notasi-notasi lagu.

”Ini yang paling sulit. Soalnya, saya harus menangkap apa maksud penulis sajak itu. Apalagi, saya tidak mungkin menambah atau mengurangi kata-katanya,” kata Jabo ketika ditemui di kantor Henky, Graha Pena, kemarin (2/3).

Meski sulit, hasil akhir kolaborasi itu sudah siap diunduh. Album berjudul Petarung Hidup tersebut berisi sebelas lagu. Salah satu hitnya berjudul Jamrud Katulistiwa. Tiga lagu liriknya diciptakan Henky, sedangkan delapan lainnya karya Sawung Jabo. Dia dibantu kelompok musik Kuaetnika pimpinan Jaduk Ferianto dari Jogjakarta.

Menurut Henky, album yang beraliran tribal perkusif rock tersebut berisi kritik sosial terhadap kondisi terkini Indonesia. Termasuk banyaknya korupsi yang melibatkan pejabat tinggi. Selain itu, Henky memasukkan unsur lokalitas Surabaya.

Album tersebut dikerjakan mulai Oktober tahun lalu dan baru selesai Minggu (1/3).

Meski demikian, keduanya sudah mempersiapkan rangkaian konser untuk mempromosikan lagu-lagu dalam album tersebut. Konser pertama bakal dilangsungkan di Gedung Cak Durasim Surabaya pada 12 Maret. Setelah itu, menyusul di Solo dan Jogjakarta. ”Kami juga sudah lama tidak tampil di kota-kota itu. Ini kesempatan untuk menyapa publik,” ujar Jabo. (any/ari)

Jawa Pos, Selasa, 03 Maret 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: