Stan Pasar Seni Lukis Indonesia Habis Terpesan

Surabaya – Sebanyak 131 stan Pasar Seni Lukis Indonesia 2009 yang akan digelar di Surabaya, 1 hingga 11 Mei mendatang, kini sudah habis terpesan para pelukis dari berbagai daerah di Indonesia.

“Meskipun penyelenggaraannya masih lama, tapi stan yang kami sediakan sudah ludes sejak sepekan lalu. Rupanya animo teman-teman seniman sangat tinggi untuk ikut pameran ini,” kata Ketua Panitia Pasar Seni Lukis Indonesia 2009, M. Anis di Surabaya, Sabtu.

Ia mengemukakan, karena masih banyak yang hendak mendaftar, maka pihaknya dengan terpaksa menolak mereka untuk tidak menggunakan momen tersebut tahun ini. Meskipun demikian, dia berharap masih ada peluang untuk menampung mereka.

“Tergantung pada kondisi. Kalau gedung Mitra tidak dibongkar, kemungkinan panitia bisa menambah jumlah stan. Namun, kalau jadi dibongkar pada April mendatang, sangat sulit untuk menambah stan karena halamannya kemungkinan ditutup,” katanya.

Mantan wartawan yang juga seniman teater dan lukis itu mengemukakan, para seniman yang mendaftarkan diri dalam pasar seni ini berasal dari Bali, Bandung, Jakarta, Jambi, Semarang, Tangerang dan berbagai daerah lainnya.

Ia menjelaskan, pada tahun pertama pasar seni lukis yang diselenggarakan di Balai Pemuda dari 2 hingga 12 Mei 2008 itu laku 60 stan. Untuk karya, saat itu terjual 196 lukisan dan 102 sketsa, sehingga banyak peserta yang merasa puas.

“Karena itu Sanggar Merah Putih sebagai penyelenggara sepakat untuk menjadikan kegiatan ini sebagai program reguler tiap tahun, dengan melakukan beberapa pembenahan, penyempurnaan dan pengembangan,” katanya.

Ia berharap, kegiatan itu bukan hanya bergaung dalam skala nasional, tetapi juga internasional. Kegiatan itu akan menjadi bagian dari rangkaian acara HUT ke-716 Kota Surabaya yang jatuh 31 Mei 2009.

Masuki M. Astro
antarajatim, Sabtu, 21 Peb 2009 09:52:25

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: