CCCL Surabaya Gelar Festival Komik

Surabaya – Pusat Kebudayaan Prancis (CCCL) Surabaya menggelar festival komik bertema “Cergamboree” mulai 27 Februari – 8 Maret 2009. “Festival ini menghadirkan seniman komik dari Prancis, Sylvain Moizie serta melibatkan komunitas komik dari Surabaya, Bandung, Jakarta, Malang, Yogyakarta dan Jember,” kata Atase Pers CCCL, Pramenda Krishna Airlangga di Surabaya, Sabtu.

Ia mengemukakan, komik atau biasa disebut cergam (cerita bergambar) saat ini menjamur di Prancis sehingga ada festival berskala internasional yang diselenggarakan setiap tahun, yaitu Festival Komik Internasional Angouleme.

“Di Indonesia, komik-komik lokal harus bersaing dengan komik dari luar negeri. Namun demikian, di beberapa kota, komik independen lokal banyak bermunculan dan didukung oleh para penggemar komik, sehingga memiliki jaringan komunitas,” katanya.

Di Kota Surabaya, katanya, juga memiliki beberapa seniman dan studio komik independen. Mereka berupaya agar komik buatan lokal Surabaya lebih dikenal oleh masyarakat luas dengan menyelenggarakan berbagai acara. “Setelah sukses dengan pameran pertamanya di tahun 2008 di Surabaya yang diselenggarakan CCCL dengan studio ‘Wind Rider’, kelompok-kelompok komik di Surabaya bersatu membentuk ‘Comic Aritist Society of Surabaya’ (CASS),” katanya.

Tahun ini, katanya, CCCL Surabaya bekerjasama dengan CASS dan Perpustakaan C2O, ingin mengulang kesuksesan forum komik tahun lalu, dengan menyelenggarakan acara yang diberi nama “Cergamboree”. “Pada acara ini kami mengundang para seniman komik dan studio dari berbagai kota, seperti Outline Reborn, Wind Rider, Komikpalsu, Bunuh Diri, Neo Paradigm (Surabaya), Beng Rahadian (Jakarta), Djoko Hartanto (Alia – Jakarta), Tita Larasati (Bandung), Azizah Noor (Bandung), Alfi Zackhyelle (Jogja), Bajingan Comic (Malang), Nasi Putih (Jember),” katanya.

Untuk lebih memeriahkan acara dan membuka kesempatan untuk bertukar wawasan dan pengalaman, pada festival tahun ini CCCL Surabaya dan studio komik asal Prancis, La Boite a Bulles, mengundang seniman komik Sylvain Moizie. “Sylvain Moizie adalah pemenang pertama ‘Jeune Talents’ pada Festival Komik Internasional Angouleme tahun 2000.

Sylvain Moizie akan memperkenalkan koleksi terbarunya, memberi workshop, serta memulai catatan perjalanannya tentang Indonesia yang nantinya akan diterbitkan,” ujar Krishna. Beragam komik dari La Boite a Bulles juga ikut dipamerkan pada kegiatan ini. “Cergamboree” tahun ini, katanya, menawarkan program yang lebih kaya dibanding forum komik pada pertama kali diselenggarakan pada 2008.

“Selain komik, kami juga menampilkan seni urban mural. Beberapa kelompok seniman muda yang diundang untuk berpartisipasi dalam melukis mural adalah, Grafis Darurart (Solo), Karya Anak Bangsa, Syndicate, Virgin is Suck, Wipe (Surabaya),” katanya. Acara melukis mural yang sekaligus menjadi penutup “Cergamboree” akan dimulai Jumat, 6 Maret dan berakhir pada Minggu, 8 Maret 2009, bertempat di Perpustakaan C2O.

Masuki M. Astro

antarajatim, Sabtu, 21 Peb 2009 09:22:20

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: