Sepakat Gairahkan Seni Sketsa Surabaya

SURABAYA – Kurang bergairahnya seni sketsa di Surabaya membuat sebagian praktisi prihatin. Dibanding lukisan, penikmat karya sketsa masih belum banyak. Karena itu, perlu ada upaya untuk menggairahkan dunia sketsa di metropolis.

Hal itu terangkum dalam diskusi bertajuk Sketsa, Kekuatan, Kelemahan, dan Sejarah Apresiasinya di Galeri Seni House of Sampoerna (HOS) Surabaya kemarin (11/2).

Diskusi yang menyertai pameran tunggal sketsa Jansen Jasien itu menghadirkan pembicara Direktur Surabaya Heritage Freddy H. Istanto, sketser Hardono, serta Jasien sendiri. Hardono menyinggung kurangnya minat kolektor terhadap karya sketsa. ”Dari pengalaman, karya sketsa paling mahal dihargai Rp 20 juta-Rp 30 juta, tidak bisa lebih. Kalau lukisan, bisa sampai ratusan juta, bahkan ada yang hingga miliaran,” katanya. Padahal, menurut dia, sketsa bukan sekadar garis. Sketsa mampu merekam suasana dan objek seperti halnya lukisan.

Menanggapi pernyataan Hardono itu, Dr Ing Wiyu Wahono, pencinta seni sekaligus kolektor dari Jakarta, menilai banyak sketser Surabaya yang bagus. Hanya, karyanya belum terkonsep dengan jelas. ”Perlu ada nilai-nilai lokal yang dimasukkan,” ujar pria yang juga penulis itu. Hal tersebut harus dilakukan jika sketser Surabaya ingin karyanya juga diminati pasar internasional.

Saiful Hajar, salah seorang pengamat seni, menambahkan, sebenarnya sketsa yang dihasilkan seniman Surabaya cukup bermutu. Hanya, di mata orang seni sendiri, sketsa belum mendapat perhatian yang signifikan. ”Padahal, sketsa adalah awal dari banyak hal. Tidak sedikit seni arsitektur yang berawal dari sketsa-sketsa tersebut,” ungkap Freddy.

Karena itu, untuk menggairahkan seni sketsa di Surabaya atau dalam spektrum yang lebih luas, para seniman sepakat untuk lebih banyak melangsungkan pameran sketsa. ”Dengan demikian, masyarakat awam juga mulai tertarik pada sketsa. Kalau perlu, diselenggarakan biennale khusus sketsa,” tegas Freddy. (any/ari)

Jawa Pos, Kamis, 12 Februari 2009

One Response

  1. Sketsa . . is amazing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: