42 Pelukis Pameran Surabaya Insight

Surabaya – Sebanyak 42 pelukis asal Kota Surabaya akan mengadakan pameran bersama bertema “Surabaya Insight” di “Sozo Art Space”, Jl Raya Darmo Permai Timur mulai awal Februari hingga Maret 2009.

Asri Nugroho, salah seorang penggagas kegiatan tersebut di Surabaya, Jumat mengemukakan, pada pameran ini pihaknya tidak berusaha membatasi peserta ke dalam tema yang khusus, melainkan lebih umum.

“Pameran ini hanya berupaya untuk menonjolkan spesifikasi keahlian masing-masing pelukis. Kami berharap ada pelajaran baru yang muncul dari seniman yang terlibat dalam pameran ini,” kata pelukis autodidak itu.

Ia berharap, keahlian masing-masing pelukis itu diharapkan akan memberikan terobosan dan kontribusi yang besar untuk perkembangan seni rupa di Kota Surabaya serta memberikan ruang pilihan yang lebih luas bagi para kolektor.

Menurut dia, saat ini banyak perupa di Surabaya yang muncul dan telah menjadi ikon yang terkenal bagi Kota Pahlawan hingga ke tingkat nasional. Karena itu, “Sozo Art Space” menghadirkan mereka, baik yang generasi 1970-an hingga yang terkini.

“Kami melihat bahwa ada fenomena yang sangat bagus di Kota Surabaya ini dengan banyak munculnya perupa-perupa muda berkualitas. Ungkapan-ungkapan anak muda ini berbeda dengan zaman dulu yang hanya mengandalkan bentuk ekspresi,” katanya.

Para perupa muda, katanya, sudah banyak yang menghasilkan karya dengan mengedepankan kerangka konseptual sehingga karyanya bisa dipertanggungjawabkan.

Pameran itu sendiri akan digelar dalam dua sesi, yakni antara 2 hingga 17 Februari dan 19 Februari hingga 3 Maret 2009. Mereka yang terlibat adalah, Amang Rachman, M. Daryono, Krisna Mustajab, OH. Soepono, Rudi Isbandi, M. Ruslan dan Dwijo Sukatmo.

Perupa lainnya adalah, Machfud, Leo Kristi, Asri Nugroho, Ika Ismurdyahwati, Natalini Widhiasi, Setyoko, Hening Purnamawati, Rilantono, Ivan Haryanto, Wahyudi, Bilaningsih, Bagas Karunia Putra, Nur Ibrahim, Supar Pakis dan Agus Kucing.

Ada juga Agung S. Tato, Muchfi, Jopram, Teddy Sulangi, Jarwoko, Agus Suyanto, Yenny Lee, Saiful Hajar, Indra H. Yanti, Asmuliawan (Bogel), Dukan Wahyudi, Meirza Said, Iwan Yusuf, Andi Prayitno, Anang Tri, Herja, Sigit Tamtomo, Nyoman Triputra, Aripin Petruk dan Arif Kopral.

Masuki M. Astro
antarajatim, Jumat, 30 Jan 2009 08:58:44

3 Responses

  1. Apakah ada data biografi atau prestasi pameran2 yg pernah diikuti Pelukis bernama SURATNO? Dia pelukis Jakarta atau Surabaya? Saya kesulitan menemukan data2nya…tertarik hasil2karyanya🙂.
    TRIMS
    Widodo.S

  2. Kepada Yth.
    Apakah saya bisa mendapatkan alamat dan no telp pelukis Surabaya yg bernama Rilantono?
    Terimakasih sebelumnya.
    Jimmy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: