Kaji Karno Pamer Lukisan Pasuruan Kota Yahanno

Pasuruan – Pelukis Kaji Karno akan pameran tunggal dengan tema “Pasuruan Kota Yahanno”, mulai 25 Januari hingga 25 Februari 2009, di galeri pribadinya di kawasan Gentong Kota Pasuruan, Jawa Timur.

“Pameran ini untuk menutupi ‘luka’, karena sebelumnya pameran saya di tepi jalan dibubarkan Satpol PP,” kata Kaji Karno di Pasuruan, Kamis.

Beberapa waktu lalu, Kaji Karno pernah menggelar pameran dengan cara “kleleran” di tepi Jl. Panglima Sudirman. Namun pameran yang direncanakan tiga hari itu gagal ditengah jalan, karena keburu dibubarkan Satpol PP dengan alasan mengganggu keindahan dan ketertiban kota.

Pameran yang menggunakan tema “kleleran” (terlantar) di tepi jalan itu rencananya akan berlangsung 20-22 Desember. Tapi saat memasuki hari kedua, Minggu (21/12) sekitar pukul 10.00 WIB, kegiatan pameran tunggal dibubarkan Satpol PP setempat.

Kaji Karno saat itu merasa heran, kegiatan berkesenian dianggap mengganggu keindahan dan ketertiban kota. Padahal, tidak jauh dari kegiatannnya, banyak PKL berjualan di tepi jalan, dan banyak alat-alat peraga pemilu dibiarkan semerawut mengotori kota.

Namun, Kaji Karno saat itu juga mengaku ikhlas dan memaklumi, karena sumber daya para birokrat di Kota Pasuruan sangat terbatas.

“Itulah potret birokrasi di Kota Pasuruan,” kata Kaji Karno saat itu.

Sebelumnya, Kaji Karno yang juga Wakil Ketua Dewan Kesenian Kota Pasuruan mengungkapkan, kegiatan pameran tunggal karya-karya lukisnya dengan tema “kleleran” di tepi jalan, bukan untuk menyaingi para politisi yang menggunakan jalan sebagai media kampanye.

Seniman dengan rambut sebahu itu mengatakan, kegiatan pameran tuggal yang sengaja digelar dengan cara “kleleran” di tepi jalan, adalah sebagai representasi aksi protes para seniman terhadap para birokrat di Kota Pasuruan.

Kaji Karno mengungkapkan, para seniman di Kota Pasuruan sudah sekitar sepuluh tahun lewat minta Pemerintah Kota Pasuruan membangun gedung kesenian. Namun permintaan para senaiaman itu, tidak pernah mendapat tanggapan serius para birokrat setempat.

Gedung Kesenian Kota Pasuruan yang diminta para seniman itu, lanjut Kaji Karno, adalah sebuah gedung yang bisa digunakan untuk berkesenian, seperti teater, dan pameran.

Kali ini Kaji Karno kembali menggelar pameran tunggal karya lukisnya dengan mengangkat tema “Pasuruan Kota Yahanno”. Tempat pamernya tidak lagi di tepi jalan, tapi di galery pribadinya di gang kumuh di kawasan Kelurahan Gentong.

Di galeri yang terbuat dari kayu bekas denagan ukuran 2 x 5 meter itu, selama pameran juga akan digelar diskusi seni dan eksistensi Kota Pasuruan dari dimensi para seniman.

Kaji Karno menuturkan, dalam pameran lukisan yang mengangkat tema “Pasuruan Kota Yahanno” akan digelar sejumlah lukisan karya dirinya. Di antaranya, lukisan berjudul “Berebut Layang-layang”.

Lukisan tersebut merupakan lukisan bermuatan sindiran (satire) terhadap para politisi menjelang Pemilu 2009 ini. Dalam lukisan itu, digambarakan banyak politisi yang saling berebut dan saling sikut serta saling injak untuk memperebutkan kekuasaan.

Sedangkan tentang tema “Pasuruan Kota Yahanno”, kata dia, merupakan sebuah ujaran (ungkapan) yang menggambarkan watak masyarakat Kota Pasuruan yang hipokrit (yahanno).

Kaji Karno mengungkapkan, watak masyarakat Kota Pasuruan yang “yahanno” (hipokrit) adalah dampak dari sejarah panjang penindasan yang terjadi di Kota Pasuruan.

Watak masyarakat Kota Pasuruan yang “yahanno” merupakan watak yang tidak pernah berani untuk mengatakan tidak. Masyarakat Kota Pasuruan akan lebih berani menyatakan “yahanno” sebagai ungkapan penolakan.

Menurut dia, masyarakat “yahanno” kini masih tetap hidup subur di komunitas pesantren yang banyak tersebar di wilayah Pasuruan.

Musyawir
antarajatim, Kamis, 22 Jan 2009 15:37:59

2 Responses

  1. Selamat berpameran Pak Kaji Karno, semoga sukses.

  2. ji
    goleki arek sma 1

    sampeyan g ngajar maneh ta ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: