Lumbung Kosong JOPRAM Adalah Suara Hati

jopramsuarasurabaya.net| “Karena orang tua saya seorang petani yang sangat bergantung kepada hasil olah tanah, serta cuaca yang memberikan kesuburan bagi tanah itu sendiri. Semakin ke depan tanah-tanah itu seakan dipenjara oleh tembok-tembok, dan tanah pertanian itu akhirnya menghilang”.

Mengawali obrolan dengan suarasurabaya.net, itulah yang disampaikan JOKO PRAMONO alias JOPRAM, yang berpameran di Emmitan Galery Surabaya mulai 9 – 20 Januari 2009 mendatang dengan tema : Lumbung Kosong.

Memilih tema keseharian petani dalam bercocok tanam serta mengolah sawah serta tanah pertaniannya, JOPRAM seakan sangat menguasai olah tanah pertanian dan keseharian para petani dengan air, bibit tanaman, atau bibit padi.

“Saya secara pribadi bisa merasakan itu. Karena saya sendiri anak petani. Betapa keberadaan tanah yang awalnya adalah bagian keseharian petani, akhirnya menghilang seiring dengan modernitas. Sungguh sangat menyedihkan. Ini suara hati,” tambah JOPRAM yang lahir di Surabaya 19 Juni 1975 lalu.

Karya-karya yang lebih merupakan jeritan serta suara hati itu, sangat mendominasi ruangan-ruangan di Emmitan Galery. Sebuah lumbung terbuat dari jerami yang didalamnya dipenuhi dengan gabah kosong, dihadirkan JOPRAM memenuhi satu ruangan besar di Emmitan Galery.

Demikian juga dengan karya berjudul Bibit no. 2, menghadirkan sebuah bidang kotak yang diatasnya seakan ditumuhi padi. Dari satu sisi yang rusak kemudian berganti menjadi padi dengan isi tetapi mulai mengering. Sebuah pameran suara hati petani ditengah krisis modernitas.(tok)

Teks foto:
-Bibit No. 2 merupakan suara hati petani yang mulai kehilangan tanahnya.
Foto: TOTOK suarasurabaya.net

10 Januari 2009, 17:13:38| Laporan J. Totok Sumarno

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: