Melukis di Kaos dan Baju

WAKTU LUANG. Melukis di atas selembar kain menjadi sarana Ovy Noviaridian (kiri) mengisi waktu luangnya. (SANDHI NURHARTANTO/RADAR SURABAYA)

WAKTU LUANG. Melukis di atas selembar kain menjadi sarana Ovy Noviaridian (kiri) mengisi waktu luangnya. (SANDHI NURHARTANTO/RADAR SURABAYA)

Tak harus kertas putih untuk sebuah kanvas. Kain warna-warni pun menjadi media Ovy Noviaridian untuk berkreasi dalam seni rupa.

NOFILAWATI ANISA

nofilawatianisa@yahoo.co.id

SUDAH enam tahun terakhir ini Ovy Noviaridian melukis di selembar kain. Awal mulanya justru bukan lembaran-lembaran kain baru yang belum dijahit. Melainkan baju-baju bekasnya

yang sudah menumpuk di gudang, karena sudah ketinggalan trend. ‘’Lama-lama kok sayang ya kalau baju-baju itu dibiarkan begitu saja. Padahal ada beberapa yang harganya mahal lho,’’ kata Ovy, sapaan karibnya.

Dia pun cari akal, bagaimana caranya supaya baju-baju itu bisa dipakai lagi dan tidak ketinggalan mode. Kalau cuma diberi tambahan aksesori, seperti hiasan bros, pita, renda atau

kancing, Ovy merasa kurang pas karena tetap saja terlihat jadulnya (jaman dulu). ’’Setelah cari ke sana ke mari, saya ketemu dengan teknik lukis tekstil.

Awalnya bukan kain baru lho, tapi saya coba ke baju-baju bekas pakai milik keluarga,’’ bebernya. Ibu satu putri ini pun mengambil beberapa helai blus maupun kaos yang sudah tak dipakai tersebut. Dia coba-coba memberi motif, lantas menggoreskan kuas dengan cat tekstil aneka warna di baju itu. ’’Hasilnya ternyata lumayan. Bagus juga, karena seolah-olah seperti lukisan kain sungguhan,’’ ungkapnya, bangga.

Lama kelamaan bukan kaos bekas yang jadi kanvas. Ovy pun membeli baju-baju polos yang khusus ia lukis. Tak hanya yang berbahan katun, tapi mulai melebar ke sifon, kaos hingga sutra pun turut jadi ‘korban’ kreativitasnya. “Bahkan beberapa jeans saya, juga tak lukis lho. Hasilnya malah makin nyentrik,’’ tuturnya.

Menurut Ovy, melukis di atas media kain itu tak sulit. Justru ia merasa tertantang, karena lukisan

yang ia buat tak boleh salah. ’’Kalau di kertas, begitu salah bis alangsung dibuang. Di kain nggak bisa begitu, karena harga kain kan nggak murah,’’ akunya.

Untuk melukis kain, Ovy lebih suka memilih obyek bunga dan binatang. Mawar, melati, ktisan, aster, sepatu, matahari dan anggrek adalah bunga-bunga yang seringkali menjadi obyek lukisannya. Sementara kalau untuk binatang, perempuan 37 tahun ini paling sering memindahkan obyek kupu-kupu.

Dari sekedar mengisi waktu luang, kegiatan Ovy melukis di atas lembaran-lembaran kain sudah menghasilkan uang. Dari promosi mulut ke mulut, banyak pesanan yang datang ke tangannya. ’’Bahkan banyak perempuan muslim yang minta jilbab maupun kerudungnya saya lukis,’’ katanya. Kini, hasil karya Ovy sudah dikenal hingga luar pulau seperti Kalimantan

dan Sulawesi.

Ditambahkan Ovi, meskipun pembuatannya sedikit rumit, tapi merawat kain yang dilukis tak begitu sulit. Semua jenis deterjen bisa digunakan. Begitu pula pencucian dengan mesin cuci juga diperbolehkan, asalkan tidak terlalu keras. ’’Supaya awet, setelah lukisannya kering langsung

diseterika saja. Supaya cat tekstilnya menyerap dan menyatu di kain,’’ pungkasnya. (*)

Radar Surabaya, 5 Januari 2009

73 Responses

  1. Salam kenal,
    Setelah membaca artikel Ibu Ovi, saya tertarik untuk mencoba melukis menggunakan cat tekstil. Ada beberapa pertanyaan mengenai pengecatan tersebut di media kaos atau jilbab, diantaranya :
    1. Sebelum media tsb (kaos / jilbab) dicat, apakah harus dicuci terlebih dahulu?
    2. Setelah selesai dicat, apakah harus dikeringkan dengan menggunakan hairdryer atau dapat langsung disetrika agar cat lebih merekat di media?
    3. Cat tekstil yg bagus itu merk apa, berapa harganya & bisa saya dapatkan dimana?
    Maaf bila pertanyaan saya terlalu banyak. Mohon kiranya Ibu Ovi bersedia membantu saya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.

    -Dewi-

  2. bisa dikasih rekomendasi gak merk cat kain yang dipakai??
    trims

    zacky

  3. iya nich…
    pengen tau CAT TEXTILE merk apa yang di pake…
    trus blinya dimana?
    thanks…

  4. untuk jenis catnya ,CAT TEXTILE merk apa yg sering di pakai?
    thank’s

  5. bu mohon rekomendasi untuk cat yang dipakai yang bagus apa ya? atas bantuannya saya ucapkan terimakasih

  6. bu,,pengen tau neh cat textile merek apa yang diapakai n bisa dapatin dimana????
    oh iya bu…harga catnya bisa terjangkau g??
    thanks bu

  7. ibu ovy yang kreatif, saya penulis buku ‘lukis kaos’ tahun 2004 yang silam & alhamdulillah masih beredar sampai sekarang, melihat kreativitas ibu saya kembali tergugah u/ kembali berkre asi di media lukis kaos. terima kasih & salam kenal.

  8. caranya gimana trus jenis kain apa

  9. Ibu Ovy.
    istri saya kepingin mengetahui lebuh mandalam tentang melukis di kain. Sudah ada banyangan apa yang akan di lukis dengan tujuan untuk aktivitas penambah ekonomi keluarga kami.
    1. bisakah ibu ovy beri kami info tentang buku yg bisa buat kami belajar?
    Terimah kasih.
    Tuhan memberkati.
    salam
    setyo lesmono

  10. Ibu,,
    jadi kepengen nich niru kreatifitas nya.
    siapa tahu bisa jadi bisnis yang bagus untuk tingkat SMA.

  11. salam ibu,
    saya handoko aji, pelukis sepatu lukis, ingin coba melukis kaos.
    mohon bantuan tekniknya bu?

  12. Mbak ovy bisa dikontak di nomor 081.1337054 atau 081.7337054

  13. di bandung ada cat tekstil merk sundara, hubungi Ati 02292369182

  14. Salam kenal, ada yg tau dimana bs didapatkan cat textile untuk melukis baju ini, terutama lokasi DKI Jakarta? Terima kasih.

  15. saya suka bwt kaos lukis,tp catnya kurang merekat pd kaos,biasanya pk cat textil yg di pakai merk ap,supa catnya bener2 merekat.???
    mohon bantuannya y,,,?

  16. ibu kalo pake cat acrylic bisa tidak??
    trus bagusan yang mana antar acrylic atau tekstil?

  17. SUNGGUH KREATIF BU OvY, INSPIRASIKU, JADI PINGIN PRAKTEK, bu ovy tolong dijawab ya.
    1. cat jenis apa yang buat nglukisnya, apa semua jenis cat bisa dipakai?
    2. kira-kira berapa harga catnya??

    thanks

  18. Kreatif skali bu ovy ini, sy jd terinspirasi jg.. Yang mau sy tnykan sama dg yang lainnya juga, yaitu :
    jenis cat yang dipakai (kl berkenan contoh merknya). Trmksh.

  19. wah saya tertarik juga lo, pingin mencoba..cat tekstil merk apa ya, beli/ kulaknya dimana, saya juga punya toko kecil yang menjual peralatan menggambar import, mis derwent, canson, lyra, cotman dll ( toko artimitra- jln siwalankerto timur I/8 sby), siapa tahu saya bisa praktek sekaligus jualan..tks sblmnya

  20. salam kenal, bu ovy yang kreatif, sy pengen melukis spt ibu tp pake cat apa y kalo untuk tekstil yang bermutu bagus, thanks atas jawabanya.

  21. nggak perlu bikin web n pamer kreatifitas klo ilmunya nggak dibagi2. bagi yng nggak tahu merk catnya coba pakek cat kaos merk marries sdh cukup baik harganya lumayan murah cuma Rp.12.500/warna. atau pengen lbh tahu ttg cat anda2 semua hunting ke toko cat lukis disana banyak segala cat ada mulai cat buat batu, gelas, textile dll. klo cat textile yang bagus yaitu pewarna batik (naptol)tp dg teknik kuas nnt klo sdh selesai diwarnai dikasih pelapisnya. klo penasaran tunngu link dr sy selanjutnya

    • apa hubungannya dengan yang bikin web??? kontak langsung ke HPnya bu Ovi aja, ada nomornya di arsip komentar ini. Bu Ovi gak akan baca komentar di sini. nggak usah sirik ah…

  22. Slm knal bu…

    seperti yang lain saya mau tnya cat yng dipakai yg bagus,dimana tempat jualnya,dan harganya…
    soalnya saya ingin mencoba sepatu lukis dan kaos lukis,mudah2an bs jdi rezeki buat keluarga saya.

    terimakasih bu.

  23. ibu seniman hebat!! mo nanya bu: klo buat lukis bhn jeans yg bagus cat kain merk apa bu”?,,trus klo yg hrgnya agak murah merk apa bu?..

    thanks ”ibu cantik”

  24. salam kenal mbak ovi, saya tertarik dengan kreativitas yang anda lakukan. Oh ya mbalk ovi saya mau tanya pakai cat apa terus merk apa dan harganya berapa?
    Atas informasinya saya ucapkan terima kasih.

    By Sarwono sumardy

  25. Cat tekstil, bisa juga pakai lefranc punya,..
    Bagus juga kok, cuma memang harganya agak mahal
    Rp. 36.000 per botol, aku sendiri baru mulai belajar melukis
    Kalau dijakarta, aku biasa beli di toko prapatan jatinegara
    Disitu jual alat2 lukis import lengkap lho.

    Kalau yang mau buatan dalam negeri
    Aku biasa beli di pak dodie. Buka saja situsnya http://www.dodiecraft.com
    Smoga infonya bisa bermanfaat.
    Btw, ada yang punya info dimana bisa cari buku melukis
    Diatas kain gak? Tp bukan karangan ibu yeti ..
    Thanks ya

  26. Bu lelyana, bisa kasih tau alamat toko prapatan nya?
    Lagi cari cat kain nih…

    Untuk website dodiecraft, tidak bisa dibuka tuh bu??

  27. mba kalo harga catnya berpa???
    mkasih

  28. Saya juga sedang belajar melukis, asyik ya

  29. Anda butuh cat kain sepatu dan gelas???
    kami menjual alat lukis merk luar punya masuk aja di FB saya, dan siap untuk dikirimkan tambah dengan ongkos kirim.thx

  30. Untuk yang perlu cat lukis tekstil bisa menghubungi CAT LUKIS “BALISTHA Color paint for Textile”, kantor pusat di bandung dan perwakilan di bekasi. silahkan kontak Didin 081513014351 atau Trie 08157136257

  31. Untuk yg butuh cat kain dan kaca, dll, untuk di daerah Surabaya & sekitarnya, bisa membeli merk cat IDEA dll(saya lupa merk apa saja)

    Cat ini bisa dibeli di toko Bintang Palapa, jln. Tunjungan no entah berapa (Maaf lupa, tokonya besar kok), Surabaya…harga cat berkisar Rp 35ribu (terakhir saya beli tahun 2008)…Maaf kl g up to date soal harga…

    Terima kasih untuk Ibu Ovy…saya mendapat banyak masukan..jd pengin melukis di kain lagi….=D

  32. izin share di sini ya, aku hari ini jg nyari2 cat tekstil dan ketemu namanya mba rini. catnya murah 35 ribu dan katanya ramah lingkungan, plus bergaransi ga luntur. orgnya ramah n helpful, nomornya 08129343043, 021-68292468, 021-8750077. smg bermanfaat ya..

  33. Bu Ovy kalo mau ke rumah Bu Ovy melihat lukisan kainnya, alamatnya di mana BU ? Trims

  34. mbak ovy salam kenal, saya sdh memakai cat tersebut namun kendalanya bagaimana caranya untuk mengecat pada kain tersebut tidak terlalu tebal bagaimana sebenarnya perbandingan antara air dan cat tersebut dan bagi pemula seperti saya kuas nomor berapa sebaiknya saya pergunakan trim kasih

  35. boleh bgt tu kreatifitasnya, jenis cat apa yang digunakan utk likisan kainya, an beli dimana?

  36. salam kenal…

  37. Sekedar info, sekarang juga lagi nge-trend sepatu lukis yang digandrungi anak-anak muda, dimana bahan dasarnya juga kain (sepatu lukis kain kanvas). Sebenarnya mudah saja membuatnya, tidak perlu memakai cat yang mahal-mahal khusus textil.

    Bagi yang pengen nyoba experimen kreasi sepatu lukis sendiri, kami menyediakan bahan-bahannya seperti cat Acrylic mulai dari merk Maries, Reeves, Talens, kuas hingga pendukungnya seperti Varnish, dll. Masuk saja di FB saya, dan siap untuk dikirimkan tambah dengan ongkos kirim.thx

  38. Maaf kami disini hanya memberikan info buat anda yang ingin melukis di baju bekas atau baru silahkan melihat / membuka web kami di http://cat-sepatu-kulit.co.cc/
    Dimana Cat tersebut berfungsi mengecat dengan beberapa jenis obyek :

    1. Bahan Kulit (sepatu, tas, jaket, dll)
    2. bahan kain (kain lembaran atau sepatu kanvas)
    3. Bahan kayu (Furniture, dll)
    4. Batu Pualam ( batu alam untuk hiasan dinding atau lainnya)

  39. Cat lukis kain merk MM. Murah tersedia 3 ukuran botol. Harga 15rb 20rb 25rb. Jenis cat textie biasa, timbul, sutra, sintetik. Semua finishing dengan strika. Hasil lembut. Untuk kaos kerudung tas spatu baju semua jenis kain.
    0217055890
    http://www.E1creative.Blogspot.Com
    .

  40. kalo di bandung kira-kira ada di toko apa? skalian minta alamatnya????

  41. Makasih nich tas informasinya……! Coznya saya ma temen2 mo bikin baju yg di lukis sendiri…..?? Tp klo beli catnya itu dimna ya …??

  42. Cat lukis kain MM
    murah cuma 15 ribu perbotol
    jenis cat kain;
    1. Cat lukis kain jenis all textil
    untuk melukis smua jenis produk dari kain seperti pakaian kerudung kaos levis sepatu tas dll
    2. Cat lukis kain jenis timbul
    untuk semua produk juga
    hasil cat timbul
    namun tidak keras atau kaku
    3. Cat lukis kain jenis silk atau sutra
    hasil lembut menyatu dengan kain jika disentuh tidak terasa ada cat
    4. Cat lukis kain jenis synthetic
    untuk kain polyester
    hasil lukis lembut sama seperti cat sutra
    SEMUA CAT FINISHING HANYA DENGAN SETRIKA

    PEMBELIAN MELALUI PEMESANAN
    Untuk jakarta dan tangerang tidak dikenakan ongkos kirim

    call;iwan
    02170555890
    e1creative@yahoo.com
    http://www.e1creative.blogspot.com
    http://www.e1creative.indonetwork.co.id

    bisa juga kursus lukis kain
    e1creative
    mengajarkan
    berbagai macam tehnik lukis kain
    dengan jenis ragam kain
    dan cat kain yang berbeda-beda
    sehingga murid dapat melukis kain untuk membuat bermacam produk
    pakaian, sepatu, kerudung, tas,dll

    LUKIS KAIN ITU MUDAH
    SIAPAPUN PASTI BISA
    PASTI..

    Call;iwan
    02170555890
    e1creative@yahoo.com
    http://www.e1creative.blogspot.com
    http://www.e1creative.indonetwork.co.id

    peluang kerjasama
    dicari agen cat lukis kain seluruh indonesia
    harga agen
    thanx

  43. Di Toko mana kami bisa membeli cat teksti di malang…??? terima kasih…

  44. Anda bisa beli di toko kami Toko Pasifik , Jl.Sukarjo Wiryopranoto 2L Malang

    Di deket alun2 kota Malang, area toko kacamata.

    Trim

  45. Kalau mau cari cat kain di solo daerah mana ya?

    Thanks…..

  46. Distributor cat idea dimana ya? kalo ada sih yang di Surabaya aja tapi kalo ga ada yang dimana aja deh gpp tapi jangan yang di Itali ya..makasih

  47. kalo mau beli cat tekstil di surabaya di mana ya?trimakasih…

  48. baru-baru ini saya berminat usaha kaos lukis,dan saya belum menemukan suplaier yang tepat,,,,,,

  49. Dear Titin,
    di Toko Pasifik ada jual cat textil, Deco Textil merk L& B tersedia juga berbagai macam warna… anda dapat memilih warnanya. semoga informasi ini dapat membantu mbak.
    thx.

  50. oke banget, ntu kreatifitas bisa jadi sumber penghasilan…

  51. dear semua..
    saya jual cat tekstil merk WK..harga rp.3500 per botol/10 ml.
    per set/ 8 warna hanya rp 25000,, HARGA PROMO
    dijamin tidak luntur, dan tidak kaku..DIJAMIN..
    hubungi Budi Santoso di 0354 7832898 ato langsung ke workshop Kediri jl. ahmad yani 18 kediri..sementara bisa dilihat di FB sudahpagilagi@yahoo.com

  52. CAT LUKIS KAIN merk MM
    Made in INDONESIA
    MURAH BERKUALITAS

    JENIS CAT LUKIS KAIN:
    1. TEXTILE DARK, Untuk melukis semua jenis kain, terutama kain warna gelap.
    2. TEXTILE LIGHT, Untuk melukis semua jenis kain, terutama kain warna terang.
    3. TEXTILE TIMBUL, Untuk melukis semua jenis kain berwarna gelap dan terang, dengan hasil lukisan timbul namun tidak kaku.
    4. SILK / SUTRA, Untuk melukis kain sutra dan sejenisnya berwarna terang.
    5. SYNTHETIC / POLYESTER, Untuk melukis kain polyester dan sejenisnya berwarna terang.
    SEMUA CAT FINISHING HANYA DENGAN SETRIKA

    CAT LUKIS KAIN MM DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MELUKIS AIRBRUSH

    HARGA CAT LUKIS KAIN MURAH CUMA Rp.15000
    ukuran 30ml.

    Kualitas terjamin tidak kalah dengan cat impor.

    Pembelian melalui pemesanan.
    Untuk wilayah jakarta dan tangerang tidak dikenakan ongkos kirim.

    Call:
    IWAN
    02170555890

    e1creative@yahoo.com

    http://www.e1creative.blogspot.com

    http://www.mmcrafts.indonetwork.co.id

  53. teknik melukis itu gmna bisa dijelasin gak proses dari awal sampe selesai supaya hasilnya maksimal dan catnya gak mudah luntur jika dicuci?
    thx

  54. aku mau belajar berkreasi ni….tolong bantu ya…

  55. wah bagus juga iia

    susah ga iia lou lukis kaya gtu

  56. salam kenal, saya seorang isteri yang tidak bekerja tapi pengen punya kesibukan sendiri….saya pengen kursus melukis di kain tapi saya gak punya basic melukis sama sekali….apa bisa???????????? thanks sebelumya…. ^_^

  57. e ya…. saya tinggal di sda….apa ada tempat kursus melukis di kain yang deket dg daerah domisili saya…mohon info nya.
    Thanks……….^,^

  58. saya bisa melukis tapi ngga tau cat apa yang paling bagus buat bahan baju.biasanya saya melukis di kanfas,apa bisa catnya buat nglukis baju atau kerudung yg berbahab sifon atau silk

  59. mbak domisilinya dimana?kalo pengen liat2 hasil karya nya mbak gimana?bisa kah????

  60. pakai aja cat L&B deco textil mbak ernantijunidar…
    pasti hasilnya memuaskan begitu…mbak

  61. ni yang punya website siapa sih??
    kok sombong x???

    di tnyakin pakek cat ap, gg di jawab2…

    gg PAKEK LAH MANUSIA KEK KAU….

  62. http://www.e1creative.blogspot.com

    LUKIS KAIN ITU MUDAH.
    SIAPAPUN PASTI BISA.
    Tidak harus pintar menggambar ataupun berbakat.
    Memang banyak tehnik lukis kain, kadang terlihat mudah kadang terlihat sulit.
    Namun semua pasti bisa dipelajari.
    Hanya butuh kemauan, ketekunan, dan kesabaran untuk terus berlatih dan berkarya.
    SIAPAPUN PASTI BISA.
    PASTI…

    E1CREATIVE.
    Seni lukis kain.
    Kerudung paris lukis.
    Kursus lukis kain.
    Cat lukis kain MM.
    Semua tentang lukis kain ada di E1CREATIVE.

    http://www.e1creative.blogspot.com

    Pemesanan, informasi dan konsultasi:
    IWAN
    021-70555890
    e1creative@yahoo.com

  63. To val river : kagak usa esmoni, kalo emang gak mau berbagi….Ya Sudahlah…..>,<

  64. saya aguz,umur19 taun<pernah mnjadi guru gambar,
    saya jg pernah melukis d kaos,sket wajah,gambar d tembok,reliv(lukisan semen d tembok),tatto,dll
    yg berhubungngan dgn gambar,
    tp skarang nganggur,bila ada yg membutuhkan hoby saya,saya siap membantu,hasil karya saya bs d liat d fb ricky_diztro99rocketmail.com d photo album kelakuan tangan

  65. no saya 08993799197

  66. Saya Hasim, Surabaya.
    Apakah ibu melayani pesanan untuk lukis jilbab? Minimal Berapa ? Harga perpotong berapa? Kalau 10kodi, bisa selesai berapa lama? Permintaan kami banyak untuk jilbab lukis. Mohon bantuan dan balasannya. Terima Kasih.

  67. Saya Hasim, Surabaya.
    Apakah ibu melayani pesanan untuk lukis jilbab? Minimal Berapa ? Harga perpotong berapa? Kalau 10kodi, bisa selesai berapa lama? Permintaan kami banyak untuk jilbab lukis. Mohon bantuan dan balasannya. Terima Kasih. Telp. 081331062002

  68. Utk melukis d kain, batu dll..ga usah ragu2 apalagi takut2..pake aja cat minyak yg biasa (bnyk d toko bangunan) campur dgn tinner. Hrs berani mencoba hal2 yg ga lazim..hasilnya pst luar biasa..trust me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: