Lestarikan Budaya, Wayang Masuk Sekolah

Untuk melestarikan seni dan budaya Dinas Pendidikan Kab. Madiun, melakukan   gebrakan dengan memasukan pelajaran seni pedalangan wayang kulit di sekolah, sebagai kegiatan ekstra kurikuler.

OLEH: SISWOWIDODO

DIAKUI atau tidak, geliat kesenian dan budaya kita semakin redup. Bahkan tidak jarang, kalangan muda tidak lagi memahami, dan mengenal makna serta nilai kesenian tradisional yang mungkin sudah ratusan tahun berkembang di tengah-tengah masyarakat.

Fenomena itulah rupanya disadari betul Pemkab Madiun dalam rangka melestarikan seni dan budaya bangsa ini. Kini melalui Dinas Pendidikan mencoba  mengembangkan seni pedalangan wayang kulit dan seni dungkrek.

Tak tanggung-tanggung, langkah untuk menyelamatkan keredupan nilai budaya ini cukup spektakuler. Yakni mengenalkan kesenian itu kepala  kalangan pelajar melalui ekstra kurikuler di sekolah-sekolah.

Sumardi, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Madiun, mengatakan langkah ini memang tidak mudah, apalagi generasi sekarang hampir tidak lagi mengenal kesenian wayang. “Ini semua dimaksudkan untuk melestarikan seni pedalangan dan seni dungkrek kepada generasi muda khususnya pelajar,” katanya, Jumat (2/1) siang tadi.

Ditambahkan, seni pedalangan merupakan seni budaya Jawa. Sedangkan seni dungkrek merupakan seni budaya asli Kabupaten Madiun. “Saat ini kurang mendapatkan perhatian masyarakat lebih-lebih, generasi muda yang cenderung meminati seni budaya kebarat-baratan,” tukasnya.

Perlu Dukungan

Kegiatan pelestarian dan pengembangan seni pedalangan wayang kulit dan dungkrek tersebut dimulai dengan pencanganan yang dilakukan Bupati Madiun H Muhtarom SSos yang dikemas dalam program Wayang Masuk Sekolah, di halaman SMAN 2 Mejayan, Selasa (30/12) lalu.

Bupati Muhtarom dalam sambutannya menyatakan bahwa upaya Dinas Pendidikan Kab. Madiun membawa kesenian wayang kulit ke sekolah perlu didukung. “Sekarang ini wayang kulit yang merupakan budaya leluhur yang bernilai tinggi bagi peradaban kehidupan masyarakat, sudah tidak banyak dikenal terutama oleh generasi muda,” katanya.

“Maka seni budaya seperti wayang kulit maupun dungkrek yang merupakan kesenian asli Kabupaten Madiun, sangat perlu dilestarikan. Salah langkahnya yakni  diperkenalkan melalui sekolah-sekolah,” tambah Bupati Muhtarom.

Bupati berharap, dengan masuknya seni budaya seperti wayang kulit dan dungkrek ke sekolah akan meningkatkan mutu seni budaya. Sehingga patut disuguhkan kepada tamu dan wisatawan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Muhtarom menyerahkan bantuan masing-masing seperangkat peralatan seni dungkrek kepada SMP Negeri 1 Mejayan dan SMP Negeri 1 Geger, serta tali asih kepada dalang muda Bimo Maharani.

Pada acara tersebut juga diadakan pergelaran wayang kulit dengan lakon Noroyono Meguru dilakukan oleh tiga dalang. Masing-masing, Ki Dalang Ismono SPd (Kasubdin Kebudayaan Dinas Pendidikan kabupaten Madiun), Ki Dalang Bambang Sigit Paminto SSn (staf Bagian Kemasyarakatan Setda Kabupaten Madiun), dan Ki Dalang Bimo Maharani (siswa kelas 2 SMAN 2 Mejayan). (*)

Surabaya Post, Jumat, 2 Januari 2009 | 14:45 WIB

One Response

  1. Salut banget dengan Penda Madiun, bahwa hari gini masih peduli dengan kesenian tradisionil khususnya wayang, saya sangat mendukung sekali aktivitas tersebut. Dan alangkah baiknya jika semua Pemda Tingkat II mengikuti langkah Pemda Madiun.

    Sebagai pelukis, saya juga ikut melestarikan wayang dengan mengangkatnya sebagai obyek lukisan. Oleh karena itu silahkan kunjungi Weblog saya di http://pandji-arts.blogspot.com dan http://s_pandjigallery.blogspot.com. dan saya mengundang semua pihak untuk posting di Weblog tersebut
    Selamat buat Bapak SISWOWIDODO dan untuk Pemda Madiun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: