'ANAK PORONG' Juara Festival Film Indie

Sebuah film indie karya anak-anak muda Surabaya berjudul ANAK PORONG memenangi festival film indie yang diumumkan dalam Malam Penghargaan La Lights Indie Movie 2008 di Jakarta, Rabu malam (17/12).

Film ANAK PORONG digarap oleh empat orang yakni Panca Javandalasta, M Khoirul Ibad Juhan, Agung Sukma, dan Bambang Prayitno. Dalam film yang skenarionya digarap Panca itu dikisahkan tentang bagaimana anak-anak di tempat pengungsian Lumpur Lapindo tidak mendapatkan pendidikan dan keperluan sekolah.

“Piala ini kami persembahkan untuk anak-anak Porong yang berjuang untuk pendidikan,” ujar Panca usai menerima piala yang diberikan oleh Garin Nugroho selaku Ketua Tim Juri Festival.

ANAK PORONG mengisahkan anak-anak pengungsian korban Lumpur Lapindo yang tidak pernah mendapatkan bantuan untuk keperluan sekolah. Selama ini mereka hanya dicukupi sandang dan pangan saja.

“Film-film ini sudah bisa dikatakan sebagai film pendek yang utuh, totalitas penyampaian ide, eksperimentasi film pendek, antropologi visual yaitu personifikasi artifisial dan substansial yang dijadikan subyek dalam cerita sudah bisa dimengerti,” kata sutradara film OPERA JAWA.

Selain film ANAK PORONG, juri kompetisi juga menetapkan satu film kategori Special Jury Prize atau hadiah khusus dari juri, yakni film 100 KATA.

Anggota tim juri, John de Rantau mengungkapkan kemenangan film 100 KATA antara lain karena ide cerita yang diangkat sangat luar biasa dan memiliki cara bertutur yang beda.

“Keutuhan idenya dan rangkaian ceritanya sangat baik, walaupun dalam menggulirkan idenya atau pada saat eksekusinya saja yang kurang baik,” katanya.

Garin menambahkan film-film dalam festival film indie kali ini akan diputar di sejumlah kota di Indonesia dan diharapkan dapat menginspirasi generasi muda untuk terus berkarya membuat film-film berkualitas.

“Festival film indie ini memberikan kesempatan seluas-luasnya pada anak-anak muda agar mereka membuat karya-karya yang orisinil, dengan cara mereka bertutur yang berbeda dari yang selama ini ada,” demikian Garin.

Dikutip dari :  http://www.antara.co.id dan http://www.kapanlagi.com

3 Responses

  1. ikuti festival film independen 3
    s.cream with the film (seni kreasi ank muda mllui film)
    pndaftran: 16maret-9mei 2009
    biaya : 40rb
    malam puncak : 25 mei 2009
    htm 5rb
    FE UII condong catur jogjakarta
    cp:08562911298

  2. mas, kpn lagi ya ada jadwal perlombaan film indie ini??
    send e-mail ya mas ke id_gallery@yahoo.com

  3. apa tema film indie th depan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: