Survivalitas Diri Sigit Priyananto

Laporan Wartawan Kompas Abdul Lathif

SURABAYA, SELASA – Salah satu ikon perupa asal Tulungagung, Sigit Priyananto menggelar pameran lukisan tunggal bertajuk Survivalitas Diri, sejak 22 November 2008, di Balai Rakyat, Jalan RA Kartini 43 Tulungagung.

Pameran yang bakal berakhir, 29 November 2008 mendatang, itu menghadirkan 40 buah lukisan. Dari serangkaian lukisan itu terdapat lukisan berjudul Contemplation karya tahun 2008.

Karya itu membersitkan keprihatinan Sigit Priyananto sebagai seniman atas kondisi anak ba ngsa nya yang kehilangan etika dan moral. Lukisan itu memvisualisasikan sosok manusia sedang duduk dalam posisi melamun.

Selain lukisan Contemplation, Sigit juga menghadirkan lukisan berjudul Serdadu karya tahun 2007 dengan spirit dan semangat anak bangsa menghadapi situasi dan kondisi negerinya yang karut-marut. Lukisan tersebut mengekspresikan sosok tentara berkepala kupu-kupu.

“Setahun terakhir ini saya konsentrasi menyiapkan karya untuk pameran tunggal yang kedua di Tulungagung, setalah pameran tunggal pertama tahun 2002 lalu,” kata Sigit Priyananto ketika dihubungi pada hari Rabu (27/11), di Tulungagung.

“Dari 40 lukisan itu terdapat 24 lukisan karya terbaru tahun 2008, sedangkan 18 lukisan lainnya karya tahun 2007 lalu. Targetnya, ya apresiasi untuk masyarakat Tulungagung yang masih asing dengan pameran seni rupa,” katanya.

Sigit amat menyadari, bahwa kota Tulungagung belum menjadi tempat yang kondusif untuk me ngais rejeki dari karya seni rupa. Pasalnya, masyarakat belum begitu akrab dengan karya seni rupa, khususnya seni lukis. “Pameran ini lebih kepada apresiasi dan pendidikan seni kepada masyarakat, sehingga mereka tahu dan bisa menilai karya seni,” katanya.

Sigit mengungkapkan, selama pameran ini berlangsung, respons masyarakat cukup baik. Realitas itu tersirat dari pengunjung pameran yang mencapai ratusan orang. “Pengunjung yang datang ratusan orang, selain melihat lukisan, mereka juga menjadikan pameran ini sarana untuk rekreasi,” katanya.

(www.kompas.com, Kamis, 27 November 2008 | 17:15 WIB)

One Response

  1. Nonton ah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: