Macapat Tak Pernah Mati

AGUNG RAHMADIANSYAH/RADAR SURABAYA Suasana sarasehan macapat sebagai sastra lisan di STKW Surabaya.

AGUNG RAHMADIANSYAH/RADAR SURABAYA Suasana sarasehan macapat sebagai sastra lisan di STKW Surabaya.

Macapat sebagai salah satu sastra lisan ternyata tak mati. Terbukti masih banyak kelompok seni dan masyarakat yang masih mengupayakan kesenian ini lestari. Demikian simpulan Sarasehan Sastra Lisan dan Pentas Tradisi Lisan di pendopo STKW Surabaya, kemarin.

Menurut salah satu pembicara, Darmono Saputro, dalam kehidupan sehari-hari tembang macapat masih dijalankan atau berfungsi sebagai bentuk sarana komunikasi estetik dan sosial menjadi bagian penting dari berbagai kehidupan masyarakat komunitasnya. ‘’Sebut saja dalam acara jagong bayen (selapanan kelahiran bayi, red), peringatan orang yang meninggal dunia, tingkeban, sunatan, perkawinan, dan tingalan (wetonan kelahiran), dan termasuk sebagai sarana dan musik karawitan,’’ terang Darmono, dosen luar biasa STKW Surabaya.

Selain Darmono pembicara sarasehan yang digelar oleh Komunitas Sastra Tutur STKW itu dihantar Sugeng Adi Pitoyo dari Unesa serta Katam AR yang merupakan pelestari macapat dari Malang. Uniknya, setiap daerah membawa kekhasan gaya macapatnya masing-masing. Gaya Jawatimuran ada dari Gresik, Majapahitan, Madura (Sumenep dan Burneh, Bangkalan), serta Banyuwangi dengan gaya paco dewa (pacul gowang, hn).

Pada malam harinya, sejumlah macam-macam macapat ditampilkan. Seperti macapat gaya Malangan yang dipersembahkan Katam AR dan Sumantri, macapat Mataraman dibawakan

Darmono Saputro, macapat Majapahitan ditunjukkan oleh penampilan Kuwatiman, hingga macapat gaya Gresikan oleh Mat Khauli. (het/mg)

Radar Surabaya, 27 November 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: