Komunitas Batik Dideklarasikan di Surabaya

Surabaya – Sebagai upaya melestarikan budaya luhur bangsa dalam hal seni membatik, Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya, Jumat, mendeklarasikan Komunitas Batik Surabaya. Humas UK Petra, Anita mengatakan, deklarasi Komunitas Batik Surabaya kali ini dimaksudkan untuk mematenkan bentuk motif dan pola Batik Indonesia. “Ini tak lain, agar batik tidak ditiruh oleh negara lain,” katanya.
Pendirian Komunitas Batik Surabaya kali, kata dia, merupakan rangkaian acara “enCHANTING BATIK” yang digelar di Perpustakaan UK Petra sejak tanggal 21 November 2008.
Melalui Komunitas Batik Surabaya ini, kata dia, pihaknya bertekad untuk terus meningkatkan apresiasi masyarakat akan “pusaka adi luhung” Indonesia
“Serta mengembangkannya untuk selalu relevan dengan perkembangan zaman dengan tujuan, agar batik menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” katanya.
Selain itu, deklarasikan Komunitas Batik Surabaya sebagai wujud kecintaan arek-arek Suroboyo (warga Surabaya) terhadap pusaka batik Indonesia.
“Komunitas ini akan memberikan wadah bagi komponen masyarakat yang peduli terhadap perkembangan batik Indonesia, khususnya Batik khas Surabaya,” katanya menambahkan.
Sementara itu, diacara deklarasi Komunitas Batik Surabaya tersebut, juga dibagikan hadiah kepada para pemenang lomba menggambar batik untuk kalangan siswa sekolah dasar (SD) di Surabaya.
Juara I diraih Christian dari SD Petra 5 Surabaya, juara II diraih Natasha Rusli dari SD IPH East Surabaya dan juara III diraih Citra Gemilang dari SDN Siwalankerto III Surabaya.

Abdul Hakim, antarajatim, Jumat, 21 Nov 2008 18:57:56

3 Responses

  1. Bersama ini kami ingin berkenalan dengan dengan pegurus/ ketua komunitas atik , untuk dapat mengenal lebih jaug perihal komunitas ini dan ada beberap hal soal batik yang akan saya konsultasikan. No Hp saya 08155555950. trimakasih atas perhatiannya.

  2. sip lah semakin banyak komunitas yang menjaga dan melestarikan batik dinegeri ini semakin tidak takut karya kita di bajak oleh negara tetangga itu. warisi selalu budaya adiluhung kita.

  3. Perlu UU.BATIK agar tidak ada batik palsu (batik sablon).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: