Hariyanto, Duta Penari Jatim 2008

Seluruh finalis tampil maksimal dalam malam final Pemilihan Duta Penari Jawa Timur 2008 yang digelar di Gedung DBL, tadi malam. AGUNG RAHMADIANSYAH/RADAR SURABAYA

TAMPIL BERSAMA: Seluruh finalis tampil maksimal dalam malam final Pemilihan Duta Penari Jawa Timur 2008 yang digelar di Gedung DBL, tadi malam. AGUNG RAHMADIANSYAH/RADAR SURABAYA

Dua puluh empat finalis, Jumat (21/11) tadi malam, berebut menjadi Duta Penari Jawa Timur 2008. Final itu disiarkan langsung JTV mulai pukul 19.30, dan dihadiri para insan tari dari berbagai kabupaten/kota se-Jatim.

NOFILAWATI ANISA

nofilawatianisa@yahoo.co.id

SURABAYA-Sebelum penentuan 10 besar, semua finalis diundang ke panggung. Mereka wajib menunjukkan kepiawaiannya di depan lima juri. Tak tanggung-tanggung, para juri yang diundang adalah pakar tari nasional maupun budayawan. Ada Eko Suprianto dari ISI Surakarta yang pernah menjadi penari latar Madonna. Ada juga Ahmad Fauzi (ketua Dewan Kesenian Jatim), Rivo Henardus (anggota DPRD Jatim), dan Ayu Sutarto (tokoh budaya Jember). Putri Indonesia 2007, Putri Raemawasti, didapuk pula menjadi salah satu juri.

Dari 10 besar, akhirnya dipilih lima terbaik; Luluk Krisnatul Hidayah mewakili Ponorogo, Fitri Wulansari (Kabupaten Mojokerto), Ayu Titis Rukmanasari (Tuban), Ismiati Chasanah (Sidoarjo), serta satu-satunya pria, Mohammad Hariyanto, wakil Pamekasan yang akhirnya menjadi jawara pertama.

Nuansa persaingan untuk menjadi yang terbaik sudah terjadi sejak final digelar. Ke-24 finalis tampil luwes dengan tarian masing-masing ketika harus merebut tiket sepuluh besar. Penari pun makin tegang ketika host membacakan lima finalis terbaik. Pungki Waluyo, penari yang gagal masuk lima besar, mengaku berbesar hati. Menurut wakil Kota Malang itu, 24 finalis sudah tampil sangat maksimal dengan kepiawaiannya masing-masing. Tapi, tetap saja para juri harus memilih lima orang. ’’Kalau kita tersisih, mungkin memang belum waktunya,’’ kata cowok kelahiran Surabaya, 24 Mei 1986, itu.

Sementara itu, Fitri Wulansari yang lolos lima besar mengaku bangga. Senada dengan finalis lainnya, saat final, menurut dia, setiap finalis sudah tampil maksimal. ’’Tapi, tetap saja juri harus memilih satu penari sebagai duta,’’ ungkapnya. Fitri kebagian menarikan Mayang Rontek sebagai tarian wajib, serta Topeng Ratih sebagai tari pilihan. ’’Saya tidak tahu harus menarikan apa malam ini, karena tari pilihannya dibuat acak,” ujarnya.

Setiap finalis memang mendapatkan tarian yang berbeda, baik tarian wajib maupun pilihan.

Untuk tari pilihan, setiap finalis juga belum tentu menarikan tarian daerah asalnya. Sebagai contoh, Yuanita Lina Evarudini yang menjadi wakil Nganjuk, ia harus menarikan Jejer Banyuwangi untuk tari pilihan.

’’Kami memang ingin mencari seorang penari yang mampu menjadi duta sesungguhnya. Otomatis mereka harus tahu dan bisa menarikan semua jenis tarian asal Jatim,” kata Sunarmaji, ketua panitia Pemilihan Duta Penari Jawa Timur 2008. Kepala Dinas Pariwisata Jatim, Harun, dalam sambutannya mengatakan,

Pemilihan Duta Penari Jatim 2008 ini sebagai program mendorong dan mengenalkan pada generasi muda mengenai seni budaya, terutama tari. Dan nantinya, duta penari Jawa Timur harus bisa ikut mempromosikan wisata melalui keahliannya. ’’Bahkan tari juga harus bisa dikemas menjadi salah satu daya tarik wisata Jatim,’’ tegas mantan Ketua Umum Pengprov Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Jatim tersebut. (*)

Radar Surabaya, 22 November 2008

3 Responses

  1. DUta Penari JaTim 08…
    One of UnForgetable moment that i have in my live…..
    ThanK God that Giving to me this change to know all of u….
    Bapak, Ibu dan smua panitia Tim Kreatif.. Terima kasih banyak untuk kesempatan dan waktunya sehingga kita bisa mengenal semuanya.. yang semula kita tidak mengerti menjadi tahu….
    Buat teman-teman finalis.. u are the best … kalian adalah bagian dari semua ini…
    jangan sampai persaudaraan kita putus.. maafkan kesalahan n kelalaian saya kalau memang membuat kalian kurang berkenan….
    Smoga kita akan bertemu kmbali dengan smangat Duta penari JatIm 08…
    Duta Penari Jatim 08 ‘” Tanggap, Aktif, Energik dan Kreatif “

  2. semoga jatim benar2 mncari duta penari yg sjati……

    hari,slamat y!

  3. Duta Penari 2008
    Dukung terus buat Duta Penari 2009 nanti..
    Dengan adanya ajang ini kita bisa memotivasi diri kita sendiri untuk terus mengembangkan potensi diri dalam dunia tari.
    Apalagi kalo udah masug jadi finalis,, gimana ya rasanya??
    pasti tambah berkobar tuh semangatnya untuk menjadi yang terbaik.
    Ga nyangka ya ternyata banyak juga muda-mudi saat ini yang masih peduli akan budaya Indonesia termasuh dalam seni Tari,,
    Terbukti kan dengan makin eksisnya Duta Penari Jawa Timur yang makin membuat kalangan remaja saat ini berbondong2 ikutan.

    Selamat dech buat para Finalis termasuk mbak Endah (He,,he,,)
    truZ selamat juga buat yang masug 10 besar n mas Pungky,, semangat!!
    buat yang 5 besar makin T O P aja
    buat mas Heri selamat dah jadi juara ya.. tambah eksis aja..
    dan 1 lagi..

    Buat Pemenang Duta Penari Favori 2008
    Parrisca Indra Perdana
    selamat ya,, senengnya dah dapat MIO he,,he,,
    dukunganku selalu ada bersamamu..

    CayOoo!! Duta Penari Jawa Timur!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: