Grogi di Final Duta Tari Jatim

SURABAYAGrand final Duta Penari Jawa Timur 2008 semalam (21/11) berlangsung meriah. Dua puluh tiga finalis (empat laki-laki dan 19 perempuan) membuka acara dengan tarian Welcome Dance yang merupakan gabungan kreasi gerakan masing-masing finalis.

Memakai kostum beragam, mereka membuat suasana Gedung DBL Arena semakin marak. Acara yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Jawa Timur tersebut disiarkan secara langsung oleh JTV.

Para finalis terpilih itu merupakan yang terbaik di antara 114 peserta yang mengikuti pemilihan. Sebanyak 38 kabupaten di Jawa Timur mengirimkan tiga wakil untuk mengikuti babak penyisihan. Babak tersebut dilakukan di empat wilayah kerja dinas pariwisata, yaitu Madiun, Malang, Pamekasan, dan Bojonegoro.

Sebelum grand final, para finalis melalui karantina empat hari di Ciputra Hotel & Vila. Dalam masa karantina yang berlangsung mulai 18 November tersebut, mereka dibekali berbagai hal. ”Terutama tentang tari. Mereka diajari empat kultur. Yaitu, jejer Banyuwangi, remo bolet Jombang, topeng patih Malangan, dan gelipang Probolinggo,” jelas Heri Lentho, tim kreatif.

Juri yang bertugas menilai mereka merupakan orang-orang yang berkompeten di bidang seni. Yakni, Eko Suprianto (ISI Surakarta, pernah menjadi penari artis Madonna), Ahmad Fauzi (ketua Dewan Kesenian Jawa Timur), Rivo H. (anggota DPRD Jatim), Prof Dr Ayu Sutarto (budayawan dan pakar humaniora Universitas Jember), serta Putri Raemawasti (Putri Indonesia 2007).

Di belakang panggung, para finalis tampak gugup menanti saat tampil. Contohnya, Fitri Wulansari, 20, dan Ayu Titis Rukmanasari, 19. Keduanya mahasiswi Jurusan Seni Tari STKW. Fitri merupakan wakil dari Kabupaten Mojokerto dan Ayu wakil Kabupaten Tuban. ”Wah, saya grogi sekali ini,” ujar Ayu.

Fitri yang berada di belakang Ayu terlihat sama. Namun, keduanya merasa senang bisa menjadi finalis. ”Sekalian jajal kemampuan,” kata Ayu. Dari hasil penilaian juri, terpilih 10 besar duta penari.(jan/ayi)

Jawa Pos, Sabtu, 22 November 2008

3 Responses

  1. Gimana sih caranya menjadi duta seni Jawa Timur? Kriteria penilaiannya apa saja? blz

    • Hubungi saja Dinas Kebudayaan di kota anda. Hasil seleksi masing-masing kab/kota itulah yang akan dikirim ke tingkat Jatim.

  2. DUTA TARI JATIM YANG TIDAK PERNAH JADI DUTA TARI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: