Makhfoed Pamerkan Perjalanannya

AGUNG RAHMADIANSYAH/RADAR SURABAYA.

BERPROSES: Makhfoed di depan lukisan 317 yang menjadi satu dari 25 lukisan dalam Perjalanan Yang Tiada Kunjung Akhir. Foto: AGUNG RAHMADIANSYAH/RADAR SURABAYA.

SURABAYA-Setiap perjalanan, apapun prosesnya layak ditandai. Makhfoed melakukannya dengan menggelar pameran lukisan bertajuk “Perjalanan yang Tiada Kunjung Akhir.” Pameran itu bakal digelar mulai 19 November di Galeri Krisna Mustajab atau Gedung Aksera Jl Dukuh Kupang XXVII/20.
Bukan sekadar judul, namun itulah bagian perjalanan yang betul-betul ia ingin catat. Setidaknya sejak 17 tahun terakhir atau tahun 1991. Tahun itu Makhfoed yang melukis sejak tahun 1940-an ingin memulai melukis yang memiliki keterkaitan proses tanpa putus.
Di tahun itulah lukisan yang dihasilkannya ia beri kode dengan angka mulai nomor urut 1. “Hingga tahun ini sudah ada 436 lukisan yang saya buat. Itu hanya sejak 1991,” kata pelukis yang asli arek Peneleh ini.
Lukisan ke-436 itulah pada pameran tunggalnya yang ke-13 ini bias disaksikan. Bukan hanya sebagai nomor urut, namun memang hanya itu yang menandai 25 lukisan Makhfoed dalam Perjalanan.
Sejak memutuskan membuat ‘perjalanan’, tak ada lukisan yang ia buat dengan menyertakan judul. Lantaran tak berjudul itulah, justru Makhfoed ingin membuat penikmatnya lebih merdeka.
“Yang melihat silakan memberi judul untuk lukisan saya. Apapun itu tak ada yang keliru,” kata pelukis jebolan Aksera (Akademi Seni Rupa).
Catatan lain dari pameran Makhfoed yang rencananya dibuka oleh Henky Kurniadi ini adalah dari pemilihan lokasi. Galeri Krisna Mustajab yang lebih dikenal dengan gedung Aksera bukan hal yang asing buat Makhfoed. Ia adalah pelukis yang belajar di Aksera angkatan 1967. Meski ia tak pernah menempati gedung itu saat belajar melukis di Aksera, namun gedung itu menjadi
kesaksian bahwa Aksera tetap ada. “Berpameran di sini seperti menggelar di rumah sendiri,” katanya. (het)

Radar Surabaya, 17 November 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: