Narimo, Guru SMPN 1 Watulimo, Ciptakan Sangka Kata

Melatih Kreativitas Murid untuk Membuat Puisi

Narimo, guru SMPN 1 Watulimo, Kecamatan Watulimo, Trenggalek, meraih juara dua dalam lomba karya tulis se-Jawa Timur awal bulan ini. Dia menemukan strategi sangka kata (pasang, bongkar, reka kata) dalam penulisan puisi.

Titin Ratna, RaTu

—————————————-

Selaku guru Bahasa dan Sastra Indonesia, Narimo prihatin dengan pilihan kata yang itu-itu saja setiap siswanya diminta membuat puisi. Pria usia 44 tahun tersebut berinovasi. Yakni menciptakan strategi belajar bernama sangkar kata yang merupakan singkatan dari pasang, bongkar, reka kata.

“Misalnya kalau saya suruh anak-anak buat puisi, kata-kata yang keluar seperti angin berhembus sepoi-sepoi…! Ini kan sudah biasa, sudah klise. Padahal untuk menggambarkan hembusan angin kan tidak harus seperti itu,” ucap Narimo.

Strategi tersebut didapatkan Narimo dari perpaduan metode pembelajaran SAS (Stuktural, Analisis dan Sintesis) dan metode inquiri serta dari hasil penelitian yang dilakukannya terhadap anak didik. “Metode SAS sudah diterapkan dari dulu ada. Cuma setelah menyusun struktur dan dianalisa tidak disintesiskan, melainkan menemukan sesuatu yang baru,” ucap ayah dari tiga anak ini.

Dengan bahasa sederhana, Narimo memaparkan ibarat sebuah rumah, semua bagiannya dibongkar. Kalau dalam SAS, nantinya dikembalikan lagi seperti semula. Namun dalam strategi sangkar kata, bagian rumah tersebut -misalnya genting, tembok, pintu dan lainnya- disusun menjadi sesuatu yang baru. “Memang prosesnya tidak gampang, banyak hambatan. Namun dengan kesabaran dan keuletan bisa berhasil,” kata lelaki yang meraih S2 di Universitas Islam Malang (Unisma) ini.

Dalam proses pembelajarannya, siswa diajak membuat puisi dengan media sampah alam yang disingkatnya salam. Yaitu benda apa saja di depan mata yang bisa memberi inspirasi untuk membuat puisi. Misalnya daun waru. Digambarkan bagaimana daun waru ini, siswa disuruh membuat lima kata.

Dari kata yang ditemukan tersebut kemudian dipasang sesuai dengan puisi yang diinginkan. Ketiga hasilnya biasa saja, siswa diajak lagi membongkar kata menjadi suku kata bahkan dalam huruf. Siswa juga bisa menggunakan media kreatif toy kata, atau media bongkar pasang.

Nah, dari potongan huruf dan suku kata tersebut kemudian dirangkai kembali menjadi puisi baru yang sesuai dengan aspek-aspek yang ada dalam puisi. Yaitu topik, diksi atau pilihan kata, ritma, dan tipografi atau perwajahan puisi.

Dalam proses pembelajaran, dibentuk kelompok-kelompok. Siswa dibebaskan mencari inspirasi di lingkungan sekitar sekolah. Kegiatan siswa dipantau dengan berkoordinasi lewat HP. Setelah waktu yang ditentukan habis, siswa kembali ke kelas untuk dibahas bersama.

Hasil penelitian di sekolah ini yang kemudian dituangkan dalam karya tulisnya. Lomba yang diselenggarakan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jatim bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jatim itu berlangsung di Surabaya pada 5-7 November lalu. Ada empat tingkat yaitu tingkat TK, SD, SMP, SMA/SMK. Dari 36 peserta, usai presentasi, Narimo mendapat juara pertama.

Setelah itu dari masing-masing tingkat atau empat orang dilombakan lagi, hasilnya Narimo mendapat juara dua. Prestasi itu tidak lepas dari usahanya menerapkan metode Sangkar Kata selama setahun terakhir. “Ada dua manfaat yang didapatkan. Pertama, untuk melatih kreatifitas anak. Kedua, memanfaatkan barang yang sepertinya sudah tidak digunakan seperti sampah alam menjadi sebuah karya,” ucap Narimo. ***

Radar Tulungagung, Sabtu, 15 November 2008

10 Responses

  1. Ass. Selamat dan sukses buat bapak narimo guru smp ku yang cakep n kalem……!ni siswa bapak lulusan 2001, sekarang lagi di bogor…..minta doanya ya pak,,,,,,,semoga sukses,wass

  2. perubahan dan pengembangan diri lah yang berguna agar siswa g jenuh…………………..atau bosan

  3. Ass. Selamat ya buat pak guruku yang baik hati.
    Semoga suatu saat q bisa berprestasi seperti bapak! Amin.
    Ni siswi bapak yang selalu bikin ulah,lulusan 2003, dari kelas 3D!!

    sukses terus bawat bapak!!!

  4. . selamat mbah mo .
    . sukses terus .

  5. salam smpn 1 watulimo semoga sukses menjadi yang terbaik

  6. askum mr narimo.saya arik rmhku karanggandu.
    gimana kbrnya SMP maju po gak,,,,,

  7. askum bapak narimo yg cakep…….. gimana kabarnya? dan gimana juga kabarnya smp aku maju gak pak…..?

  8. p4k oj0 jU3h”. wEzZ nYukUr! r4mBute bC4h” jaaaaaannnnn!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    gEk ndAg d,tUkoKne rENg b4ZkeT kN00oo.

  9. hhhhallooooooooooo mmmmmbbbbbaaaahh mooooooooo

  10. selamat …..pak narimo.maju teruzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: