Undangan Pendaftaran Hibah Arts Network Asia (ANA) 2009

Rekan-rekan dan kawan-kawan sekalian,
Kami mengundang para seniman, pekerja budaya, aktivis seni, dan komunitas seni di Asia untuk mendaftarkan diri dalam rangka Hibah ANA 2009.
ANA, yang didirikan oleh sekelompok seniman, pekerja budaya, dan aktivis seni
independen, adalah sebuah lembaga pendanaan yang bekerja pada lintas perbatasan antara berbagai disiplin ilmu, termasuk seni visual, film/video/media baru, seni pertunjukan, kesusastraan, wacana kritis dan manajemen seni. ANA beroperasi dalam 11 bahasa.

ANA mendukung proyek-proyek yang dijalankan oleh para seniman Asia, yang bertempat di Asia; proyek-proyek yang dimulai dan dilaksanakan di Asia, berhubungan dengan para seniman dan komunitas seni di Asia; dan proyek-proyek yang difokuskan di Asia Tenggara.
ANA akan memperhatikan proyek-proyek yang memotivasi pertukaran dan kolaborasi yang provokatif di antara berbagai kebudayaan dan komunitas di Asia. Kami tertarik dengan pengalaman kontemporer Asia yang juga berhubungan dengan tradisi. Termasuk di dalamnya adalah ekspresi urban, seni kontemporer, seni kontemporer yang berhubungan dengan seni tradisional, sekaligus juga pertemuan di antara seni-seni tradisional. ANA juga memungkinkan kolaborasi dan pertukaran antara beragam kebudayaan di dalam satu negara atau satu kota, dan juga akan melihat potensi untuk hubungan lokal-regional-global.
Kriteria yang akan diperhatikan dalam seleksi program hibah ANA ini adalah: (1) Proyek seni yang independen dan dititikberatkan pada proses, (2) Program jangka panjang yang bertahan dan bisa dikembangkan, (3) Nilai seni dan pengaruh positif dari proyek tersebut terhadap komunitas seni, (4) Tampilan proyek, misalnya bentuk fisik dari kegiatan tersebut, situs proyek, dll, (5) Keberadaan sumber pendanaan lain dan (6) Pelaksanaan proyek dimulai pada bulan Maret 2009.
Pemberian hibah dari ANA berkisar antara 1.500 – 7.500 USD untuk tiap proyek, dan terbuka untuk mendukung proyek yang sudah ada ataupun proyek baru. Proposal lanjutan dari proyek yang pernah didukung oleh ANA juga diperbolehkan.

PROSEDUR PENTING UNTUK PENDAFTARAN
Proposal sebanyak satu halaman A4 yang disertai oleh biografi/profil sebanyak 200 kata, didaftarkan dalam bentuk PDF melalui situs ANA (www.artsnetworkasia.org) antara tanggal 15 Oktober 2008 sampai dengan 15
November 2008. Proposal tersebut dapat dituliskan dalam bahasa Inggris atau dalam bahasa pilihan Anda (Bahasa Indonesia, Jepang, Khmer, Korea, Lao, Mandarin, Sinhalese, Tamil, Thai dan Vietnam). Proposal satu halaman A4 tersebut harus mencakup informasi mengenai substansi, filosofi dan tujuan dari proyek yang bersangkutan. Satu orang pendaftar hanya diperbolehkan untuk mendaftarkan SATU aplikasi.
JIKA ADA KESULITAN DALAM MELAKUKAN PENDAFTARAN ONLINE ATAU JIKA ANDA TIDAK DAPAT MELAKUKAN PENDAFTARAN ONLINE KARENA ALASAN KHUSUS YANG TERDAPAT DI KOTA ANDA, SILAKAN MENGHUBUNGI airmanuporn@artsnetworkasia.org ATAU KIRIMKAN FAKSIMILI KE +65-6737-7013.
ANA akan menunjuk dan meminta proposal lengkap dari para pelamar yang proyeknya dinilai memenuhi kriteria dan sesuai dengan sasaran ANA. Proposal lengkap tersebut harus dilengkapi dengan anggaran proyek, dan dikirimkan pada atau sebelum tanggal 31 Januari 2009. Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 28 Februari 2009.

KESIMPULAN
Proyek-proyek yang telah dibantu oleh ANA bisa dilihat pada situs ANA. Proyek-proyek tersebut dapat dijadikan acuan. Untuk mendukung jejaring di Asia, setelah penerimaan aplikasi, ANA akan mencantumkan
nama (individu/organisasi) dan informasi kontak (alamat e-mail, situs, alamat surat menyurat, nomor telepon dan faksimili) sekaligus juga profil singkat para pelamar pada situs ANA.
Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Manuporn Luengaram, Manajer kami, di nomor faksimili +65-6737-7013 atau melalui alamat email airmanuporn@artsnetworkasia.org.
Jika ada anggota panelis ANA yang tinggal di negara setempat, Anda juga dapat menghubungi mereka untuk meminta saran dan bantuan. Nama dan informasi kontak para anggota panelis kami dapat dilihat di situs ANA.
Kami berterimakasih atas bantuan Anda untuk membantu meneruskan informasi ini kepada pihak-pihak lain yang mungkin juga membutuhkannya. Kami sangat mengharapkan aplikasi Anda.
Hormat kami,
Tay Tong
Direktur, Arts Network Asia (ANA)
Faksimili : +65-6737-7013
Email : taytong@theatreworks.org.sg
Alamat : 72-13, Mohamed Sultan Road Singapore 239007

Catatan:

Silahkan Download Form isian dibawah ini.

updateanadirectory

2 Responses

  1. kami dari Edelwaise d’ dancer BENGKULU – Sumatera ingin menanyakan hibah ANA 2010 kapan dibuka?

  2. YAPIKBI adalah sebuah Organisasi Pemuda/i membidangi enam Bidang, salah satunya adalah Bidang Budaya.
    Bidang Budaya tersebut telah mengikuti beberapa even Budaya Provinsi setanah Papua dan telah menunjukkan prestasi yang baik. Kendala yang dihadapi oleh Bidang ini adalah kurangnya perhatian Pemerintah Privinsi Papua maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Biak-Numfor. Kurangnya perhatian menyebabkan potensi Pemuda/i ini semakin terkikis oleh tuntutan Ekonomi.

    Berdasarkan permasalahan tersebut diatas, maka kami mohon perhatian agar kelompok Budaya kami dapat diangkat sebagai salah satu kelompok yang profesi yang setara dengan kelompok-kelompok profesi di Tanah air.

    Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: