Koleksi Lukisan Potret Diri Hal yang Lumrah

Surabaya – Seorang kolektor karya seni di Surabaya, Henky Kurniadi mengemukakan, mengoleksi lukisan tentang potret diri merupakan hal yang lumrah dan tidak ada kaitan dengan megalomania.

“Saya sudah mengoleksi ratusan karya lukisan, tapi semuanya tidak jelas dan tidak saya kenal. Ada penari Bali dan lainnya,” kata Henky yang juga penasehat “Surabaya Haritage” kepada wartawan di Surabaya, Rabu.

Ia mengemukakan, dirinya sudah banyak menemui tokoh seni yang menyimpulkan bahwa mengoleksi gambar diri dari lukisan itu sangat penting. Hal itu karena ada hubungan yang sangat dekat antara kolektor dengan pelukis dan lukisannya.

“Saya mengoleksi lukisan potret diri ini bukan sebagai Henky pribadi, tapi sebagai manusia. Jadi pesan-pesan yang ada dalam lukisan tentang potret saya itu berlaku untuk semua manusia,” kata pengusaha muda di Surabaya itu.

Ia mengemukakan, saat ini dirinya mengoleksi 30 lebih lukisan dengan obyek tentang dirinya. Lukisan itu merupakan karya puluhan pelukis terkemuka, seperti Sujiwo Tejo, Teja Suminar, Bagas Karunia Putera, Jansen Jasien dan penyair Zawawi Imron.

“Selain itu ada juga karya pelukis dari luar negeri, seperti, Amerika Serikat, Roma, Praha dan Denmark. Ada juga koleksi saya yang dilukis oleh mahasiswa ‘Yale University’ saat dia melakukan penelitian di lumpur Lapindo,” ujarnya.

Ia mengakui, meskipun ada karya yang diminta, namun dirinya tidak pernah ikut campur dalam ranah kreatif para seniman. Menurut dia, kreatif seniman adalah kedaulatan yang harus dihargai.

Sementara Wakil ketua “Surabaya Heritage”, Freddy H Istanto mengatakan bahwa potret diri seringkali diartikan sebagai sikap menyenangkan diri sendiri. Padahal sebenarnya tidak selalu seperti itu.

“Hanya saja kita harus menerima lukisan potret kita yang menurut kita tidak sesuai. Karena barangkali itulah diri kita dari sudut pandang pelukis itu,” katanya.

Masuki M. Astro

antarajatim, Rabu, 22 Okt 2008 16:01:25

One Response

  1. DIMAHARKAN LUKISAN GHOIB “EYANG BETARI RATU EMAS LAUT SELATAN” UKURAN 1,5 X 2 M, HANYA SATU-SATUNYA DIDUNIA dan tidak ada kembarannya, peminat harap hubungi Ki Rekso Trenggono Hp 081330896113

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: