14 Daerah Meriahkan FKPU di Pantai Bentar Probolinggo

Surabaya – Sebanyak 14 kabupaten dan kota di Jatim akan memeriahkan Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) yang digelar Taman Budaya Jawa Timur (TBJT) di Pantai Bentar, Kabupaten Probolinggo, 23 – 24 Oktober 2008.

“Festival ini digabung dengan HUT Kabupaten Probolinggo yang digelar 23 Oktober, sedangkan FKPU hanya dilaksanakan dua hari, 24 hingga 25 Oktober,” kata Kasi Dokumentasi dan Informasi TBJT, Drs Karsono, MPd di Surabaya, Selasa.

Ke-14 daerah yang tampil adalah, Kabupaten Probolinggo, Gresik, Pasuruan, Tuban, Sumenep, Situbondo, Sidoarjo, Pamekasan, Bangkalan, Lamongan, Sampang, Kota Pasuruan, Surabaya dan Kota Probolinggo.

Ia mengemukakan, ke-14 daerah itu akan menampilkan kesenian khasnya masing-masing sesuai dengan cirinya sebagai kesenian pesisiran. Mereka berasal dari sanggar atau dewan kesenian yang dipilih oleh dinas pariwisata masing-masing.

Festival ini akan dibuka oleh Kepala Dinas P dan K Jatim, Dr Rasiyo, MSi bersama dengan Bupati Probolinggo, Drs Hasan Aminuddin, MSi, Jumat (24/10) siang di lokasi wisata pantai andalan Probolinggo itu.

“Pembukaan itu akan diisi dengan tarian kolosal khas Probolinggo. Acara itu juga diisi dengan parade kesenian dan penampilan singkat sekitar tiga menit dari masing-masing daerah di atas panggung,” ujarnya.

Setelah itu diadakan pawai dari delegasi masing-masing daerah sejauh sekitar dua kilometer di dalam lokasi pantai. Kegiatan itu bisa dinikmati oleh masyarakat umum secara gratis.

Sementara di hari terakhir akan diadakan diskusi mengenai masalah festival kesenian tersebut di masa depan. Diskusi itu juga akan membicarakan mengenai problematika kesenian kawasan pesisir.

Untuk HUT Kabupaten Probolinggo akan dilaksanakan Kamis (23/10) dengan dimeriahkan kesenian khas Probolinggo, yakni kesenian “Rajangan Agoyang” yang dimainkan seniman dari tujuh kecamatan di kabupaten itu.

“Kesenian itu merupakan perpaduan antara seni musik, tari dan ada dialognya. Jadi semacam teater rakyat,” kata Karsono yang juga alumni S-2 Unesa itu.

Masuki M. Astro
antarajatim.com, Selasa, 21 Okt 2008 11:00:16

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: