RRI Sumenep Gelar Jambore Budaya

Sumenep – Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan menggelar Jambore Budaya 2008 pada 31 Oktober hingga 2 November 2008 mendatang.

Kepala LPP RRI Sumenep, Arianti Retno Astuti, Sabtu, menjelaskan, jambore budaya yang digagasnya adalah sejumlah kegiatan yang semuanya dikemas untuk mengeksplorasi seni dan budaya Madura.

Kegiatan jambore budaya berupa perkemahan yang melibatkan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Sumenep di halaman LPP RRI Sumenep, pameran budaya, dialog budaya, dan gelar budaya berupa pertunjukan kesenian tradisional khas dari empat kabupaten di Madura. Mulai dari tarian kolosal hingga alat musik tradisional Madura.

“Pelaksanaan jambore budaya ini merupakan salah satu upaya mewujudkan misi kami untuk memersatukan dan melestarikan budaya bangsa, dalam hal ini khususnya budaya lokal Madura,” katanya di Sumenep.

Ia menjelaskan, dari hasil koordinasi terakhir, pimpinan empat pemerintah kabupaten di Madura menyatakan siap menampilkan kesenian tradisional khasnya pada malam gelar budaya.

“Sedang untuk dialog budaya yang mengambil tema budaya lokal di tengah-tengah arus globalisasi, kami menghadirkan pejabat publik dan budayawan sebagai narasumber,” katanya.

Narasumber yang sudah menyatakan siap hadir dalam dialog budaya, antara lain, Bupati Sumenep, Moh Ramdlan Siraj; Bupati Pamekasan, Kholilurrahman; dan D. Zawawi Imron.

“Diretur Utama LPP RRI, Parni Hadi, juga siap datang untuk membuka sekaligus menjadi narasumber dalam dialog budaya,” katanya menambahkan.

Arianti berharap jambore budaya yang digagasnya bisa menjadi sumbangan positif bagi perkembangan dan majunya budaya Madura.

“Jambore budaya ini juga untuk merayakan Hari Radio ke-63 dan Hari Jadi ke-739 Kabupaten Sumenep,” katanya.

Slamet Hidayat, antarajatim.com Sabtu, 18 Okt 2008 09:21:02

One Response

  1. saya suka sekali jika pameran seni ini selalu ditampilkan dengan rutin khususnya yang bersangkutan dengan sejarah kerajaan jawa. saya harap kegiatan ini tempatnya mudah di jangkau dan dekat dengan transportasi, trima kasih mohon perhatiannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: