Tak Ada Lagi Tawa Bowo

SURABAYA – Dunia lawak Indonesia berkabung. Salah seorang pelawak kondang asal Surabaya meninggal dunia pada Kamis (18/9) pukul 17.27 di RS Haji, Surabaya. Namanya Eddy Soenarbowo atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Bowo. Lelaki 56 tahun itu meninggal karena penyakit asam lambung yang dideritanya sejak sekitar empat tahun silam.

Listiani, istri Bowo, menuturkan, pada hari Bowo meninggal, sekitar pukul 11.00, Bowo mengeluh sakit di dadanya. Keluarga pun membawa pelawak dengan bibir khas itu ke RS Haji, Surabaya.

Dokter yang menanganinya memasang ventilator dan infus. Tim dokter mengatakan, asam lambung Bowo meningkat drastis. Asam lambung tersebut menyesak di dada Bowo dan membuatnya sulit bernapas. ”Apalagi, katanya paru-paru Mas Bowo juga sedang tidak beres,” kata Listiani menirukan perkataan dokter.

Sekitar pukul 17.00, Listiani diberi tahu dokter agar mendoakan Bowo. Sebab, Bowo sedang memasuki masa kritis. Listiani sempat heran. Sebab, dia melihat suami yang dinikahinya pada 1978 itu masih sadar. ”Dia juga sempat istigfar berkali-kali,” ujarnya.

Bowo tak kuat bertahan dihajar asam lambung yang naik. Pukul 17.27, dia mengembuskan napas terakhir. Lelaki yang selalu tampil dengan gaya lugu, polos, dan sering dibodohi oleh lawan mainnya itu meninggalkan empat anak.

Kemudian keluarga membawanya kembali ke kediamannya di Rungkut Menanggal Harapan Blok M Nomor 39. Anggota Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) itu dimakamkan kemarin pagi (19/9).

Beberapa lawan main dan rekan seprofesi Bowo ikut mengantarnya ke Tempat Pemakaman Umum Gunung Anyar. Di antaranya dari Srimulat, Karni, Vera, Didik Mangkuprojo, Mia, dan Kentus. Sementara dari Parfi, ada Endang Mahardini.

Endang menyatakan kaget dengan berita tersebut. Sebab, sebelumnya Bowo tampak sehat. Bahkan, belum genap sebulan mereka berkumpul di rumah Eva Roosdiana, mantan ketua Parfi Jatim. ”Bowo sempat memel nyanyi Rondo Kempling,” kata wanita yang pernah menjadi lawan main Bowo itu. (aga/dos)

jawapos, Sabtu, 20 September 2008 ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: