Performance Art, Pameran Seni Rupa dan Seni Instalasi di STKIP PGRI Jombang

Pada tanggal 19 Agustus 2008 tepat pukul 14.00 Wib, Robiatul Muthiah, anggota Bahtra Indonesia angkatan 2007 yang akrab dipanggil Utik dalam pembukaan performance art membacakan puisi berjudul “Bangkitlah Generasi Muda” di depan enam mahasiswa Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang ( HMJ Bahtra Indonesia ). <
Keenam mahasiswa tersebut tubuhnya bercat putih—ada yang bertuliskan 100 %, Pejuang 2008. Mereka berkeliling lokasi kampus STKIP PGRI Jombang sambil membagi brosur tentang informasi pameran seni rupa dan seni instalasi termasuk memuat puisi berjudul Bangkitlah Generasi Muda. Aksi performance art di halaman kampus STKIP PGRI Jombang yang kemudian diteruskan dengan berkeliling kampus sesuai dengan rute yang telah ditentukan juga diselingi dengan gerakan-gerakan bahasa tubuh yang menggambarkan potret perjuangan para pejuang kemerdekaan.

Itulah sebagian dari kegiatan Pameran seni rupa dan seni instalasi yang diadakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang tanggal 19 s.d 20 Agustus 2008 di Ruang B3 Kampus STKIP PGRI Jombang.

Salah satu pelaku aksi bernama Koko Hari P, menjelaskan bahwa aksi performance art yang dilakukan dengan teman-temannya sebagai bentuk kritik terhadap makna “kemerdekaan” era sekarang dan para kawula muda serta orang-orang yang melupakan perjuangan para pahlawan. “Intinya, performance art diadakan sebagai satir dan sentilan pada berbagai kalangan yang hanya cuek bebek pada tanggal 17 Agustus. Malahan, hari yang amat sakral ini digunakan sebagai ajang (kesempatan) bagi anak muda untuk hal-hal tertentu hanya karena beralasan tanggal merah jadi mereka bisa pergi ke mana saja dengan pacarnya dan bagi instansi terkait kami hanya sekedar mengkritisi bahwa proklamasi hari kemerdekaan merupakan simbolik kemerdekaan yang harus kita teruskan”, imbuh mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2006.

Konsep performance art yang digarap Koko dan kawan-kawannya menggambarkan sekumpulan beberapa orang yang tubuhnya dibalur cat putih dengan hiasan warna dan tekstur yang dilukis di tubuhnya. Konsep tersebut kemudian mereka kembangkan dengan memadukan antara seni instalasi yang objeknya adalah manusia dengan gerak yang mengiringi pembacaan puisi berjudul Bangkitlah Generasi Muda dengan semangat nasionalis.

Untuk konsep seni rupa dan seni instalasi Koko dan teman-temannya mengumpulkan beberapa karya yang bertemakan semangat nasionalis yang kemudian dipamerkan pada sebuah ruangan. “Pada waktu proses penggarapan ruangan itu dinamakan gudang seni rupa dan seni instalasi karena menurut kami proses penggarapan sebuah seni instalasi itu adalah bagian dari sebuah pameran. Setelah semua karya terkumpul kita pindahkan ke ruangan yang disediakan khusus untuk pameran. Yang menarik, setelah kita melakukan performance, peserta performance art langsung masuk ke ruangan pameran kemudian menempati tiap sudut ruangan pameran seolah-olah seperti patung, karena manusia juga bisa masuk ke dalam seni instalasi sesuai dengan posisi duduk atau berdiri yang memiliki sign atau simbol tersendiri yang mengartikan sebuah apresiasi kemerdekaan”, pungkas Koko, panggilan akrab mahasiswa asal Trowulan Kabupaten Mojokerto.

Aktivitas performance art selanjutnya akan diadakan di kawasan Ringin Contong Jombang pada tanggal 25 Agustus 2008.

Konfirmasi :

Koko Hari P : 0856 5545 4121

Robiatul Muthiah : 0856 4500 2455

(terima kasih buat kontribusi abdul malik, hn)

6 Responses

  1. selamat page. masih ingat sm sy kn? Fikri jbg, sekarang sy sdh menetap di palembang (muara Enim).
    mendirikan Komunitas Gending 18 agsts 2008. kalo ada masukan ttg strategi kebudayaan dan gagasan yang inovatif kirim ke email sy.ok

  2. ok ok. very good.
    keep your struggle well.

  3. halo bang koko, senang sekali melihat kreatifitas warga BAHTRA INDONESIA.
    menurut pendapat anda seni apa yang paling indah?
    apa sich maksud dari foto-foto seni didalam hal. ini?
    kalo aku berpendapat,anda cocok jadi seniman. coz foto anda keren banget N fanky boy………….. trims.

  4. siip banget bro

  5. bagus boos, sebentar lagi ada antologi puisi bina 2006, tolong dimuat ya…… matur suwun

  6. Untuk mz dboz mahasiswa jrusan olahraga…moga smesterannya berhasil….thanxzzz…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: