PELUKIS JANSEN JASIEN TERBITKAN BUKU

(Surabaya) – Pelukis asal Krian, Sidoarjo, Jatim, Jansen Jasien menerbitkan buku berisi catatan perjalanan proses kreatif hingga karyanya banyak diapresiasi pecinta seni rupa dalam dua tahun
terakhir.
“Ini merupakan pendokumentasian dari perjalanan Jansen Jasien dalam berkesenian sebagaimana ditulis oleh banyak media cetak maupun online,” kata Rully Anwar, penyusun buku berjudul, “Saatnya Jansen Jasien” itu di Surabaya, Sabtu.
Ia mengemukakan, buku setebal 52 halaman itu direncanakan diluncurkan Agustus mendatang di kantor PWI Jatim di Surabaya. “Buku ini juga berisi ulasan tokoh, pecinta seni dan kurator yang
akan menjadi rekaman sejarah tersendiri bagi Jasien,” katanya. Buku yang seluruh dicetak fullcolour ini, juga didominasi foto-foto Jasien bersama sejumlah tokoh dan kolektor, diantaranya Menteri Perdagangan Marie Elka Pangestu, Menteri Pertanian Anton Apriantono, Dahlan Iskan Chairman
jawa Pos, mantan Gubernur Jatim, M Noer, pengusaha Ir Ciputra juga para konsul negara sahabat.
Menurut Rully, Jasien memiliki obsesi untuk mendirikan museum pribadi yang diantaranya koleksinya kumpulan berita media massa. Dan dari berita yang beragam itu, kemudian disusun ulang menjadi buku tersebut.
Nantinya, Rully yang juga ketua Panitia Pameran Tungal Jansen Jasien ini akan menyusun buku Jasien dalam perspektif lain lebih lengkap.
Untuk tahap pertama, buku Jasien yang sudah tiga kali mengadakan pameran tunggal itu dicetak 400 eksemplar. Dan akan disebarkan ke museum-museum serta perpustakaan di tanah air.
Di buku itu tercatat bagaimana Jasien tidak hanya berkutat dalam seni lukis ekspresionisnya, melainkan juga dalam kegiatan sosial untuk menggelorakan semangat masyarakat dalam mencintai sejarah, khususnya kota Surabaya.
“Jasien saat ini menjadi ketua KPSPS (Kelompok Pekerja Seni Pecinta Sejarah) Surabaya. Kelompok itu ikut mendorong pelestarian peninggalan sejarah, khususnya di kota Surabaya,” katanya.
Rully yang juga reporter radio itu mengemukakan bahwa KPSPS juga telah bekerjasama dengan “Surabaya Heritage” yang menggagas pemberian penghargaan 100 pusaka Surabaya kepada individu maupun institusi yang berperan dalam pelestarian sejarah Surabaya @

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: