Dua Balerina Marlupi Dance Academy Berlaga di Kanada

Syarat Ikut Kontes Harus Lolos Tes

Marlupi Dance Academy kembali mengirimkan muridnya ke ajang Genee Awards yang diselenggarakan Royal Dance Academy. Kompetisi tari balet paling bergengsi di duniaitu dilangsungkan di Toronto, Kanada, 14-23 Agustus. Murid berbakat tersebut adalah Claresta Alem dan Irene Aryanto Aslim.

JANESTI PRIYANDINI

UNTUK mengikuti kontes itu harus ada syarat yang dipenuhi. Dan itu tidak mudah. ”Peserta harus lulus ujian distinction (menari balet klasik) dengan point di atas 75,” kata Marlupi Sijangga, founder & Principal Marlupi Dance Academy. Juri yang menilai juga bukan sembarangan. ”Mereka juri professional yang sudah ditunjuk oleh panitia Genee Awards,” katanya. Selain itu peserta harus berusia di bawah 19 tahun.

Rencananya Claresta bertolak ke Amerika pada Kamis (17/7). ”Saya mengikuti summer school dulu di LA Ballet School,” kata Claresta. Cewek 16 tahun itu berhasil mendapatkan angka 85 untuk distinction. Saat itu juri yang menilai adalah Dame Antonienepte Sibley (Principle Royal Dance Academy) dan Ashley Wheater (Cofrey Ballet School).

”Sebenernya agak susah juga karena harus menari balet dengan teknik tinggi,” katanya. Namun, Clarestas akhirnya dia bisa melampaui. Untuk kompetisi nanti, Claresta akan menarikan Labayedre. Itu adalah tarian balet klasik yang menceritakan kerajaan Hindu. ”Ceritanya sang puteri, tokoh utama, akan dikenalkan dengan pangeran dari kerajaan tersebut,” lanjutnya. Tetapi karena keterbatasan waktu, dia hanya menarikan beberapa bagian tarian saja.

Serentetan kegiatan sudah menghadang Claresta untuk kompetisi tersebut. Tahap awal kompetisi adalah orientasi. ”Ini proses untuk saling mengenal antar peserta,” katanya. Selanjutnya ada club course (karantina) pada 15-19 Agustus. Perlombaan sebenarnya baru dimulai pada 22-21 Agustus. ”Kalau masuk final, tanggal 23 menari lagi,” lanjutnya.

Claresta memang sudah mendalami balet mulai umur 3 tahun. Bahkan dia baru saja lulus dari Beijing Dance Academy. Dia sudah beberapa kali mengikuti kontes balet di Australia dan Amerika. ”Saya suka balet,” katanya. Repertoire Claresta antara lain The Little Mermaid in Ballet (2008), The Sleeping Beauty (2006), La Fille Mal Gardee (2006) dan The Nutracker Story of Clare (2005).

Genee Award tersebut diikuti 80-200 peserta. Karena itu cucu Marlupi Sijangga tersebut berbangga hati bisa mengikuti kompetisi itu. ”Tidak semua penari balet bisa lolos jadi peserta,”. Claresta mengawali belajar balet di MDA pada 2004, setelah itu dia bertekad menekuni balet. Claresta juga dia sering mengikuti kursus balet di luar negeri.

Rekan Claresta yang ikut berkompetisi itu adalah Irene Aryanto Aslim. Dia setahun lebih tua dari Claresta. Irene juga mendapatkan sertifikat yang sama dengan Claresta dari Beijing Dance Academy. Bedanya jika Claresta mendapatkan sertifikat kelulusan level 5, Irene mendapatkan sertifikat level 2.(dos)

Jawa Pos, Selasa, 15 Juli 2008

8 Responses

  1. bisa saya minta alamat dan contact person untuk mArlupi Dance Academy dan Elles School of Ballet (EsoB) di surabaya?
    terima kasih
    ditunggu balasannya.

  2. Elles School Of Ballet
    During Business Hours Call: 031-8431292
    Street Address: Jawa Timur
    Jl Margorejo Indah XIV/C-605 Surabaya
    CP: Mbak Dar

    Marlupi Dance Academy Studio
    Jl. Pandan No.14 , Surabaya. Telepon: 62.31.5353428 / 5320940 / 08123528288
    Fax: 62.31.5466448
    CP: Bapak Welly

  3. saya didithz, casting director dari sano entertainment, Jakbar. Kebetulan kami ingin produksi FTV dalam bentuk film digital, dengan tema “dance” salah satu dari talent yang pernah casting dan akhirnya terlibat dalam produksi kami mendatang adalah Cecilia Nadia Mulyono, yang adalah salah satu murid dari MDA.
    Saya ingin mencari kembali calont2 talent baik itu utama maupun pembantu utama untuk produksi kami ini, salah satunya dengan memperkenalkan diri dengan MDA, sekaligus mungkin ada beberapa murid dari MDA yang bisa terlibat dalam produksi kami mendatang.
    Sebagai catatan, kriteria karakter pemain yang kami cari untuk next prod ini adalah sebagai berikut.

    DENISSA : 20thn, punya dasar balet dan hiphop.
    Manja, egois, anak tunggal keluarga kaya, suka ceplas ceplos dan nyelekit kalau bicara. Sebenarnya baik hati namun kurang kasih sayang jadinya suka terkesan jutek dan mau menang sendiri. Selalu mendapatkan apa yang dia inginkan dengan mudah.
    Ciri fisik : Cantik, rambut panjang, putih, tinggi dan langsing. Mukanya sedikit jutek.

    TARA : 20thn, basic dance hiphop.
    Manis, naik hati, rendah hati, dan ramah. Selalu tersenyum dan suka menolong teman. Ciri fisik : cantik, tinggi, kulit sawo matang, wajah indonesia sekali. Berambut panjang.

    JULIE : 23thn, basic dance hiphop.
    Cantik, tomboy, tegas dan setia kawan. Berani dan ceplas ceplos. Ciri fisik : Berambut pendek, tinggi sedang, muka anggun dan terkesan kalem.

    saya juga udah add Friendster MDA. dan berikut adalah keterangan casting di PH Sano Entertainment.
    Casting akan diadakan hari Senin s/d Jumat, pkl 12.00-17.00 wib (khusus Jumat pkl. 13.20-17.40 wib)
    Sertakan foto terbaru Close up dan Full body.
    Casting TIDAK DIPUNGUT BIAYA.
    Materi casting diberikan di tempat yang mencakup dialog singkat dan dancing.

    Alamat PH Sano Entertainment:
    Kantor Pusat Ultra Disc
    Jl. Kembangan Raya no.45
    Jakarta Barat. Tlp. 021-5807007

    ket: Gedung 3 lt, warna krem;Samping CLING Carwash.
    Patokan: Kantor Walikota Jakbar. Masuk dari jalan di samping kanan Pemadam di depan kantor walikota.
    Adanya di kiri jalan; kurang lebih 200 m dari pemadam.
    Dari tol Kebun Jeruk,keluar ke kiri,putar balik trus naik ke jembatan ke arah Kantor Walikota Jakbar.
    Casting sewaktu-waktu bisa ditambah harinya. Thanks.

  4. Alamatnya dimn y?

  5. Alamat
    Sanggar dancenya dimn y?

  6. Dimana alamat MDA untuk di Jakarta? Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: