Trenggalek Panen Juara Festival Dalang Bocah

Kabupaten Trenggalek meraih tiga kejuaraan sekaligus dalam Festival Dalang Bocah se-Jawa Timur 2008 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Jawa Timur (2-3 Juli). Diwakili oleh Wuwus Nanang Galih Carito, Trenggalek mencatatkan prestasi sebagai salah satu dari 5 (lima) Penyaji Unggulan Non Ranking, salah satu dari 3 (tiga) Grup Terbaik Karawitan Anak Pengiring Pakeliran, dan satu-satunya juara Sabet Terbaik.

Festival berlangsung di pendopo Dinas P dan K di Jalan Jagir, diikuti oleh 12 peserta, dari 17 yang sudah mendaftar. Siswa kelas V SDN Cakul, Dongko, Trenggalek, ini membawakan lakon “Baladewa”, yang ditulis oleh Anung Wacana, S.Sn, dan penata iringan Sulis Hariyanto. Para pemain karawitannya pun hampir semua anak-anak, yaitu; 9 wiyogo anak, 3 wiyogo dewasa, 5 sinden anak dan 2 sinden remaja.
Selain Trenggalek, lima Penyaji Unggulan Non Ranking lainnya adalah; Sih Hono Wisnu Purwo Laksito (Kab. Mojokerto) dengan lakon “Senopati Pinilih”, Aditya Gembleng (Kota Madiun) dengan lakon “Tetuko Gembleng”, Ryan Wahyu Priambobo (Kab. Ngawi) dengan lakon “Wisanggeni Gugat” dan Kab. Nganjuk dengan lakon “Tragedi Mandolo Soro” yang diwakili oleh Nanda Bachtiar Hatta Misena.
Dewan Juri yang terdiri dari H. Sukron Suwondo, Djumiran RA dan Drs. FY. Darmono Saputro, juga menetapkan 3 Grup Karawitan Anak Pengiring Terbaik, yaitu Trenggalek, Kab. Blitar dengan lakon Narantaka dan Kab. Nganjuk dengan lakon “Tragedi Mandala Soro”. (henri nurcahyo)

One Response

  1. walah aku seneng tenan moco cah cakul dadi juara. slamat dik ya………… aku wong Karang Sudo Cakul Etan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: