Tarian Terbang dalam Harmoni Modernitas

MALANG – Upaya mendobrak kebekuan kreativitas kesenian di Malang Raya dilakukan komunitas pekerja seni yang kemarin ngumpul di Jalan Merdeka Utara, depan Sarinah Plaza, Kota Malang. Kolaborasi dengan mengambil tema Beduk Mulai Ditabuh, Seniman Lukis, Tari, dan Musik Berkolaborasi, itu menarik perhatian masyarakat.

Kreativitas yang mereka sajikan tergolong baru. Mereka menyajikan tarian kontemporer dengan peralatan rock climbing dengan latar belakang aktivitas melukis di atas kanvas raksasa. Lukisan berukuran sekitar 12 x 5 meter itu menyajikan lukisan topeng, manusia, tanaman, dan bunga.

Diiringi musik gabungan gamelan dan alat band, dua penari pun bisa terbang dan berjumpalitan layaknya pemain akrobat. Semakin irama tradisional dan modern berpadu, masyarakat terus datang menyaksikan aksi komunitas seniman tanpa wadah tersebut.

“Ini kumpulan dari teman seniman muda dari berbagai unsur. Wadahnya belum ada. Tapi kami akan komitmen menggairahkan seni dan budaya Malang,” ungkap Kaisar Wijantono, seniman Malang penggagas acara tersebut.

Kaisar mengatakan, obsesi para seniman muda adalah menyejajarkan Malang dengan Jogja. Obsesi yang bagi sebagian besar orang sangat muskil itu sengaja diusung karena ada modal potensi yang besar. Malang, kata Kaisar, adalah gudangnya seniman sejak penjajahan Belanda hingga sekarang. Namun mereka banyak berkiprah di luar Malang. Sebab di kampung halaman sendiri, berkesenian sulit untuk bisa jadi gantungan hidup.

“Ini saatnya harus dibangkitkan. Kami ambil tema beduk ditabuh karena banyak aktivitas dimulai dari pukulan bedug,” kata alumnus Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini.

Dua elemen pendukung hidupnya kesenian Malang adalah pemerintah dan pengusaha. Kaisar bersama rekan-rekannya akan berupaya menggabungkan dua elemen itu dengan para seniman. “Seperti halnya mengolaborasikan musik tradisional dan modern, berbeda tetapi bisa membentuk harmoni,” katanya. (yos/war)
Radar Malang, Senin, 30 Juni 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: