Tampilkan Etalase Seni

Surabaya memang tak pernah sepi dari kegiatan seni-budaya. Selesai Festival Seni Surabaya (FSS) 2008 pertengahan bulan nanti, masyarakat kembali dapat menyaksikan Surabaya Full Music di Taman Budaya Jatim. Kemudian pada awal Juli, giliran Festival Lintas Budaya yang menampilkan sajian seni-budaya dari berbagai daerah di Jatim, Indonesia, dan luar negeri.

Cross Culture Fest 2008, menurut rencana, akan dilangsungkan 4-6 Juli di sejumlah lokasi. Tiga delegasi dari manca sudah memastikan kehadirannya. Yakni, Korea Selatan, Thailand, dan Tiongkok.

”Namanya saja cross culture. Acara ini kita harapkan menjadi jembatan komunikasi antarbangsa antaretnis,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya Suhartoyo.

Nama cross culture dipilih karena semangat yang dibawa adalah semangat keragaman dunia. Di dalamnya, keragaman tiap bangsa dipahami sebagai kekhasan dan keunikan.

”Kita kan sering tidak bisa memahami budaya bangsa lain. Nah, sekarang ini kita mencoba memahami bangsa lain melalui budaya,” kata Suhartoyo. ”Soalnya, segala sesuatu kalau lewat budaya kan lebih mudah komunikasinya,” imbuhnya.

Dia berharap, acara ini akan rutin diadakan setiap tahun, sehingga tiap kali ada wisatawan yang hendak menikmati sajian seni, mereka langsung menuju Surabaya. ”Istilahnya, biar Surabaya menjadi etalase seni dan budaya Jatim,” tandasnya.

Itu Sebabnya, panitia tak ingin ala kadarnya dalam menyiapkan festival yang masuk dalam kalender Visit Indonesia Year 2008 itu. Mereka menggandeng berbagai elemen pariwisata untuk menyukseskan gelaran festival ini.

”Kita berharap festival ini akan menjadi ikon wisata yang mampu mengundang banyak wisatawan asing maupun domestik, ”ujarnya. (aga/ari)
Jawa Pos, Selasa, 10 Juni 2008

2 Responses

  1. aku mau cari komunitas seni rupa di surabaya, ada ngak.kasih tau dunkz….

    • Salah satunya, anda bisa kontak Komunitas Seniman Muda Surabaya (Kosmubaya), ketuanya Muit Arsa, HP: 081 2163 8763

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: