Maestro Seni Topeng Malang Tunggu Janji Depbudpar

Reporter : Panca Rakhmad P

Malang- Maestro seni Topeng Malangan dari kabupaten Malang, Mbah Karimun, saat ini sedang tergolek sakit. Seniman Topeng Malangan yang saat ini berusia 90 tahun itu, sudah tidak bisa berjalan karena penyakit tuanya.

Mbah Karimun hanya bisa duduk di pembaringan. Dan semua kebutuhan hidupnya harus dilayani oleh istri ke-7 nya yaitu Siti Maryam (53).

Setelah tahu pak Harto meninggal, kesehatan Mbah Karimun langsung drop. Katanya, Pak Harto itu adalah temannya. “Pak Harto sudah meninggal. Dia temenku, terus aku bagaimana,” kata istrinya yang juga seniman patung Malangan menirukan kata-kata Mbah Karimun, Minggu (25/5/2008).

Tidak hanya mengalami lumpuh, Mbah Karimun juga sudah berkurang pendengarannya, sehingga untuk berbicara dengan lawan bicaranya harus dibantu alat pendengaran.

Rusaknya alat pendengaran Mbah Karimun karena peristiwa kecelakan yang menimpa seniman yang pintar meramal tersebut. “Bapak selama hidupnya mengalami 7 kali kecelakaan. Sehingga masa tuanya sakit seperti ini,” tutur Maryam.

Untung, pihak Departemen Kebudayaan dan Pariwisata memberikan santunan kepada dirinya selama satu tahun. Setiap bulannya Mbah Karimun mendapat santunan Rp 1.250.000 selama setahun sejak Juli 2007 lalu.

Pencairan pertama diberikan secara langsung ke rumah oleh pejabat Depbudpar pada Februari lalu untuk santunan 6 bulan. Tetapi santunan berikutnya hingga kini belum dikirim, padahal dia sudah mengirim no rekening ke Depbudpar sesuai surat yang diterimanya.

Wabup Malang Rendra Kresna saat mendengar Mbah Karimun sakit, langsung menjenguk ke rumah sang Maestro sembari menyerahkan bantuan.

“Saya akan memanggil Kadis Kesehatan untuk memberikan bantuan perawatan kepada Mbah Karimun,” janji Rendra.

Tidak hanya itu, Rendra juga akan memanggil Kadis Cipta Karya dan Kadis Budpar untuk membantu membenahi sanggar milik Mbah Karimun, karena sebagian bangunan sudah rusak.[mad/kun]

Beritajatim.com, Minggu, 25/05/2008 20:50 WIB

2 Responses

  1. mas karya”topeng mbah karimun tlg d pampang yg gede dong

  2. Mudah-mudahan karya Mbak karimun selalu abadi di Negeri ini, dan ada perhatian dari pemerintah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: