Minim, Peminat Festival Ludruk

MALANG – Minat seni ludruk pelajar dalam ajang Festival Budaya Adhikara Jatim di Taman Krida Budaya Jatim (TKBJ) tak seramai festival seni tari. Dari 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur, hanya 17 peserta yang ikut ajang tersebut. Dengan begitu, tak ada separuh dari total wilayah kota dan kabupaten di kawasan Pulau Jawa paling timur itu.

Eko Edy Susanto, pengamat seni ludruk sekaligus juri dalam festival itu mengatakan, minimnya peserta tersebut disebabkan banyak kemungkinan. Bisa jadi, karena murni peminatnya terus berkurang karena terlindas modernitas zaman. Bisa juga, karena faktor geografi wilayah Jawa Timur. “Saya melihat, wilayah Jatim terbagi dua. Yakni, kawasan daerah bocah dan kawasan arek,” ujar Edy.

Daerah bocah, menurut Edy, mulai Surabaya ke barat. Di daerah itu, nuansa seni ludruk nyaris tidak ada karena kultur seni-nya bukan ludruk. Sebaliknya, kawasan Surabaya ke timur sangat kental dengan nuansa ludruk. “Mungkin ini yang menjadi alasan minim peserta. Bisa dilihat juga dari daftar peserta, kota dan kabupetan Surabaya ke barat tidak mengirimkan delegasi,” kata laki-laki yang akrab disapa Cak Edy Karya itu.

Sementara, dari 17 peserta festival ludruk pelajar tersebut, di antaranya tampil mulai pagi sampai siang. Ada juga yang mendapat giliran tampil malam hari. Beberapa grup ludruk yang tampil pagi sampai siang adalah Macan Berbisik dari Kota Probolinggo. Sebuah pentas ludruk yang menggambarkan bahwa kejahatan pasti akan kalah dengan kekuatan kebenaran.

Ada juga yang membawakan ludruk Dukun Palsu dari Lamongan, Joko Deleg Candi Pari (Sidoarjo), Joko Tarub (Surabaya), dan Hitam Putih (Jombang). “Melihat tampilan semua peserta, masih sebatas 50 persen saja nafas ludruknya,” tandas Edy.

Menurut Edy, beberapa kriteria penilaian ditekankan pada penari remo, kidungan, humor, dan penyutradaraan. (nen/war)

Radar Malang, Kamis, 22 Mei 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: