Di Blitar Digelar Pesta Pencuri

suarasurabaya.net| Bengkel Muda Surabaya (BMS) bekerja sama dengan Dewan Kesenian Kota Blitar mengundang rekan-rekan penikmat teater untuk menyaksikan pementasan drama Pesta Pencuri pada hari Sabtu, 17 Mei 2008, pukul 19.00, di Aula SMAN 1, Jl. Ahmad Yani No. 1 Kota Blitar.

Pesta Pencuri produksi Teater Bengkel Muda Surabaya tahun 2007/ 2008. Merupakan naskah Perancis, karya JEAN ANOUILH, yang diadaptasi dan disutradarai oleh ZAINURI. Sebelumnya lakon ini telah dipentaskan disejumlah kota di Jawa.

Mulai dari Bandung, Malang, Jakarta, Bojonegoro dan Jember. Bercerita tentang tiga pencuri jalanan, BONONG, CACING dan CENGIK yang mencoba menghadiri undangan Pesta Para Pencuri di rumah dedengkot pencuri, Keluarga AYU SELINTAS dan LOWO KUMOLO.

Ketiganya bermaksud menguras harta keluarga kaya ini. Namun ternyata di rumah tersebut sudah banyak tamu yang mempunyai tujuan sama dengan ketiga pencuri jalanan ini. Di pesta ini semua tamu mempertunjukkan kelihaian mencuri.

Tentu sasarannya adalah harta sang tuan rumah. Tapi tuan rumah lebih pandai membaca gelagat para tamunya. Justru di balik Pesta Pencuri ini, ternyata AYU SELINTAS yang mengendalikan aturan main dari semua yang ada dibenak tamunya.

Para tamu dijadikan korban kemuslihatan dari kekayaan yang diumpankannya. Mereka ada yang ditangkap Polisi, sementara yang lain melarikan diri hanya dengan membawa barang perhiasan curian yang tidak seberapa harganya. Dari sinilah keluarga AYU SELINTAS terselamatkan dari incaran polisi. “Apakah naskah ini cocok dengan kondisi masyarakat kita saat ini? Silahkan Anda yang menilai,” ujar ZAINURI sutradara, saat dihubungi suarausurabaya.net, Kamis (15/05).

Lakon ini diambil dari naskah asli berjudul Le Bal des Voleurs (1938), karya JEAN ANOUILH dramawan asal Perancis. Diterjamahkan ke dalam Bahasa Inggris oleh LUCIENNE HILL menjadi Thieves’ Carnival (1952). Adapun Pesta Pencuri adalah terjemahan Bahasa Indonesia oleh ASRUL SANI (Pustaka Jaya, 1986).(tok)

Teks foto:
-Poster Pesta Pencuri. Bakal digelar di Blitar.
Foto: Dok BMS Surabaya

One Response

  1. Sangat menarik untuk melucuti mental-mental korup, Sukses selalu, kalau tak jauh tentu kami ikut gabung menontonnya, salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: