Kado Ultah Perjalanan Keabadian

Pelukis Jansen Jasien kembali memamerkan karyanya. Bertempat di Grapari Telkomsel, Jalan Pemuda, sebuah lukisan berjudul The History of My Life dipajang sejak kemarin (15/4) hingga 22 April.

Ada empat kanvas besar yang disatukan. Jika diukur, panjangnya 150 x 356 cm. Di tiap kanvas, tergambar sebuah gapura dengan torehan aksara Jawa.

Menurut Jasien, lukisan tersebut bercerita mengenai perjalanan menuju keabadian. “Untuk menuju hidup abadi, ada empat tahap yang dilewati. Yaitu, syariat, tarekat, hakikat, dan makrifat. Gambarannya ada di tiap gapura ini,” jelas Jasien, yang hanya membutuhkan waktu tak kurang dari 24 jam untuk membuat lukisan tersebut.

Bukan tanpa alasan ayah satu anak tersebut melukis perjalanan hidup manusia. Dia tengah merefleksikan perjalanan hidupnya sepanjang 34 tahun. Karena itu, tepat di tengah lukisan tersebut, terdapat gambar Jasien memakai udeng di kepala dalam posisi wajah menengadah ke atas dan tangan terbuka seperti berdoa. “Ini hanya bagian dari ekspresi,” katanya saat ditanya kenapa dia membuka tangan.

Lukisan itu hanya dipamerkan, tidak akan dijual oleh Jasien. “Hari ini (kemarin, Red) saya ulang tahun. Lukisan ini jadi kado untuk diri saya sendiri. Lukisan ini bisa memotivasi hidup saya untuk terus menjadi lebih baik,” ungkapnya. (dee/ayi)
Jawa Pos, Rabu, 16 Apr 2008,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: