Anak Adam Mencari Jati Diri

SURABAYA – Parade Teater Pelajar III-2008 di Galeri Surabaya tadi malam (15/4) menyuguhkan tema menarik. Teater Pilar dari SMKN 1 Sukorejo, Pasuruan, tampil dengan mengangkat tema pencarian eksistensi kaum laki-laki.

“Kenapa selalu perempuan yang dibicarakan,” teriak anak Adam, tokoh yang gelisah mencari jati diri itu.

Bersama empat tokoh tak bernama lainnya, si anak Adam yang diperankan oleh Harun berlari ke sana kemari dalam kegelisahan. Dengan kepala plontos, tokoh bertelanjang dada tersebut mempertanyakan eksistensi kaumnya.

Dia merasa jenuh dengan wacana gender yang selama ini beredar. Dia terus mencari jawaban atas pertanyaan yang memenuhi pikirannya. Di sisi lain, dia merindukan kehadiran sosok ibu yang telah lama meninggalkannya.

Lama si anak Adam mencari, akhirnya dia menemukan satu jawaban. Semua penyebab ketidakseimbangan itu adalah kaumnya. Banyak perempuan menderita karena ulah laki-laki. Si anak Adam berontak. Dia lalu nekat memotong alat kelamin sendiri. Dia merasa tak pernah meminta dilahirkan sebagai laki-laki.

“Ya Tuhan, aku tidak ingin ada sebagai laki-laki. Aku ingin lahir di dunia tanpa jenis kelamin,” protesnya kepada Tuhan.

Menurut penulis naskah yang sekaligus sutradara Teater Pilar M. Ichwan, lewat lakon itu, dirinya ingin mengkritisi ketimpangan gender yang selama ini terjadi di masyarakat. “Meski sejak lama diwacanakan, hingga kini belum sesuai,” katanya.

Lewat naskah berjudul Anak Adam Tak Berkelamin itu, Ichwan ingin bercerita tentang kehidupan seseorang. Dia mengibaratkan kehidupan manusia seperti lonceng. “Hidup tidak mampu menghadirkan sebuah permainan,” ujar pembina Teater Pilar itu. (dee/ari)

Jawa Pos, Rabu, 16 Apr 2008,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: