Teater pelajar jatim lebih marak dari pada mahasiswa

Surabaya, 9/4 (ANTARA) – Aktivis Dewan Kesenian Surabaya (DKS) menilai, kehidupan teater pelajar, khususnya SLTA di Jawa Timur saat ini lebih marak dibandingkan dengan aktivitas kesenian serupa di kalangan mahasiswa.

“Teater di SLTA sekarang ini sangat marak di Jawa Timur dan sangat diminati oleh kalangan pelajar. Hanya persoalannya, mereka kurang pembinaan dan kurang ruang berekspresi, ” kata Humas DKS, Farid Syamlan kepada wartawan disela-sela rencana kegiatan Parade Teater Pelajar di Surabaya, Rabu.

Rizakh Rahid, aktivis DKS lainnya menambahkan bahwa maraknya aktivitas teater pelajar itu tidak hanya bisa dilihat dari kegiatan pementasan mereka, akan tetapi juga dari aktivitas lain, seperti disuksi atau workshop mengenai teater di sekolah-sekolah.

“Akhir-akhir ini teater di kalangan kampus justru banyak yang lesu. Pada kegiatan-kegiatan temu teater kampus, yang menonton biasanya hanya mahasiswa kampus yang tampil, sementara untuk teater pelajar justru banyak juga pelajar dari sekoalh lain. Jadi mereka saling belajar dari sekolah lain,” katanya.

Menurut Farid, kegiatan Parade Teater Pelajar yang kini memasuki tahun ketiga itu merupakan upaya pendampingan dari DKS untuk para pelajar agar bisa memainkan lakon secara utuh, mulai dari tata panggung, tata lampu, penyutradaraan, artistik dan lainnya.

“Jadi ini menjadi semacam worshop bagi para pelajar karena sejak pagiu sebelum pementasan pada malam hari, mereka sudah mengerjakan sendiri tata panggungnya. Kami dari DKS mendampingi mereka. Setelah pementasan, masih ada diskusi mengenai aksi panggung mereka,” katanya.

Untuk diskusi setelah pementasan itu, DKS menyiapkan tiga pengamat, yakni Autar Abdillah (Sekretaris DKS yang juga dosen teater Unesa), Ruzdi Zaki (dosen STKW Surabaya) dan Harwi Mardiyanto (guru teater SMKN 9 Surabaya). Ketiganya akan menjadi pembahas dalam diskusi itu.

Parade yang akan digelar di Galeri Surabaya yang diikuti 10 kelompok dari enam kota, yakni Surabaya, Jember, Malang, Pasuruan, Mojokerto dan Gresik, 11 – 20 April mendatang. Jika tahun sebelumnya lebih banyak pelajar dari Surabaya dan sekitarnya, maka tahun ini dari luar Surabaya lebih banyak.

Kelompok-kelompok itu akan tampil berturut-turut mulai 11 hingga 20 April, yakni “Teater Shod” dari SMA Shafta Surabaya, “Teater SUN” dari SMA Muhammadiyah 3 Jember, “Teater Dempo” SMAK St Albertus Malang, “Teater Keong” SMA Negeri 14 Surabaya, “Teater Pilar” SMK Negeri 1 Sukorejo, Pasuruan.

“Teater Jingga” SMA Negeri 1 Puri, Mojokerto, “Teater Art Wah” SMA Wahid Hasyim 1 Surabaya, “Teater Ndrinding” SMA Hidayatus Salam, Lowayu, Dukun, Gresik, “Teater Pesisir” SMA Negeri 3 Surabaya dan “The Nine Theatrevision” dari SMK Negeri 9 Surabaya.

Farid mengemukakan, parade teater pelajar yang memasuki tahun ketiga itu diselenggarakan DKS bekerjasama dengan Kates+++ (Komunitas Teater SMA Surabaya). Mereka dipilih berdasarkan konsistensi pementasan yang dilakukan selama ini.

“Jadi kami menyeleksi teater-teater yang memang hidup di sekolahnya masing-masing. Sebetulnya di Jawa Timur sangat banyak, tapi terpaksa kami batasi hanya 10 kelompok saja karena memang kondisinya sangat terbatas,” kata Manajer Galeri Surabaya yang juga Ketua Bengkel Muda Surabaya itu.

Ia mengemukakan bahwa teater yang tidak tertampung kemungkinan akan difasilitasi untuk ditampilkan tahun berikutnya. Bahkan kemungkinan pada tahun-tahun berikutnya akan dinaikkan jumlahnya menjadi 15 kelompok, sehingga waktu pementasannya menjadi 15 hari.

“Kami ingin menunjukkan bahwa meskipun DKS kini tidak diperhatikan sama sekali oleh Pemkot Surabaya, tapi DKS masih bisa beraktivitas. Untuk pementasan itu, kami tiketkan, Rp2.500 setiap orang. Dari tahun-tahun sebelumnya tiap malam bisa mencapai 100 orang,” katanya.

Informasi:
Taufiq Sholekhuddin Sofjan <segoro_kidul@ plasa.com> 081 33 00 88 513
Farid Syamlan 081 739 1883

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: