Kenalkan Budaya, Kuda Lumping di Mall

MULAI besok (10/4) diadakan pergelaran budaya dari daerah-daerah di Jawa Timur. Acara yang melibatkan 12 kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur itu diadakan di atrium City of Tomorrow (Cito) Surabaya.

“Ingin mengenalkan pada masyarakat,” kata Dr Harun MSi, Kepala Dinas Pariwisata Jawa Timur. Berbagai pertunjukan dari daerah ditampilkan untuk menghibur pengunjung yang datang. Ketika ditanya alasan kenapa memilih mal sebagai tempat pergelaran, Harun menjawab, tujuannya untuk mengedukasi masyarakat agar tahu kebudayaan lokal.

Hal senada diungkapkan oleh Arifin Hiantaro, General manajer Cito. Dia menyampaikan bahwa pihaknya menyambut positif kerja sama itu. “Kita punya budaya sendiri, kenapa harus pakai budaya luar,” kata Arifin. Pihaknya ingin memperkenalkan kembali budaya yang sudah tak lagi dikenal masyarakat. “Misalnya dagelan atau campursari, sekarang penikmatnya terbatas,” katanya.

Selain pertunjukan kesenian yang ada di Jawa Timur, pengunjung juga dikenalkan dengan kebudayaan lewat pameran kebudayaan. Tidak hanya kabupaten/kota yang ada di Jatim, ada pula sanggar atau galeri kesenian turut berpartisipasi. “Sanggar Alang-Alang juga turut serta kok,” ujar Harun. (dee/dos)

Jawa Pos, Rabu, 09 Apr 2008,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: