Lidhie Art Forum yang Menyiapkan Pentas Teater Empat Kota

Mengusung Gagasan Pemain Teater Itu Kaya, Bukan Miskin
Di tengah maraknya jagad hiburan lain, Lidhie Art Forum Mojokerto (LAF) berupaya untuk tetap berjalan pada komitmen awal pembentukannya, tujuh tahun yang lalu. Inilah untuk kali pertama, mereka akan pentas teater di empat kota sekaligus.

KHOIRUL INAYAH, Mojokerto
—–

SORE yang cerah. Beberapa pemuda terlihat bergerombol di halaman sebuah gedung di Jl Benteng Pancasila No 62 Kota Mojokerto. Sebagian di antara mereka tampak duduk-duduk bercengkrama dengan sesama. Sebagian lagi melakukan berbagai aktivitas dan berlatih olah vokal.

Aktivitas ini di luar kebiasaan. Ada yang terlihat sumringah dengan tawa yang membahana. Sebagian lagi duduk termenung lesu, serta menghiba kepada seorang temannya yang lain.

Inilah lokasi latihan Sanggar LAF. Setiap sore diisi oleh berbagai aktivitas teater pelajar. Di antaranya Teater Samudra Ilahi (MAN Sooko Kabupaten Mojokerto), Teater Jingga (SMAN 1 Puri), Teater Gatra (SMAN PGRI 1 Kota Mojokerto).

Kepadatan aktivitas akhir-akhir ini tidak lebih sebagai langkah persiapakan LAF yang akan pentas keliling di empat kota. “Bulan April ini bagi sanggar LAF, merupakan bulan yang padat aktivitas teater. Mereka mengadakan pentas teater di empat kota berturut-turut,” kata Saiful Anam, humas pentas keliling di empat kota.

Naskah Bendera Setengah Tangkai karya Bagus Mahayasa berdasarkan puisi karya Nur Roziqi, penulis puisi asal Lamongan akan ditampilkan pada 12 April 2008 di Universitas Islam Darul Ulum (Unisda) Lamongan pukul 19.00. Dalam Temu Karya Teater Jawa Timur ke-7 tersebut didukung pemain. Antara lain Ali, Buyung, Antok, Catra. Pentas pantomim oleh M. Syamsudin (Timex) melengkapi pentas di Lamongan.

Kedua, dalam forum Temu Teater Pelajar se-Jawa Timur (16/4) pukul 19.00 di Galeri Surabaya, Kompleks Balai Pemuda Surabaya akan pentas dengan naskah Orang Kasar karya Anton Chekov berdasarkan saduran WS Rendra oleh Teater Jingga SMAN 1 Puri, Kabupaten Mojokerto.

Pada 29 April di Taman Krida Budaya Jawa Timur Jl. Soekarno Hatta Malang. Naskah Tembang Untuk Anak karya Bagus Mahayasa oleh Teater Moeda SMAN 3 Kota Mojokerto dalam kegiatan Festival Budi Pekerti yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Sedangkan pada (30/4) pukul 19.00 di IKIP PGRI Semarang dalam acara Temu teater Pelajar Tingkat Nasional. Naskah Orang Kasar karya Anton Chekov berdasarkan saduran WS Rendra. Teater Jingga SMAN 1 Puri, Kabupaten Mojokerto. Didukung pemain Buyung, Ria Mustika, Antok. Sutradara Bagus Mahayasa.

Saiful Anam mengatakan, LAF kali ini ingin mengusung gagasan dasar bahwa dalam dunia teater itu kaya, bukan miskin. Maksudnya, seorang pekerja teater tak boleh berpikir miskin, tapi berpikirlah kaya. Selanjutnya Glewo, panggilan akrabnya menambahkan, ilmu dengan segala dan terutama berawal dari niatnya.

Di sela-sela kegiatan pentas empat kota, sanggar LAF juga mempuyai kegiatan lain. Di antaranya workshop Teater Pelajar dengan mengundang narasumber Luhur Kayungga (Teater API Indonesia), AGS Arya Dipayana (Teater Tetas Jakarta), Antok Agusta (Taman Budaya Jatim), Kurniasih Zaitun (Komunitas Hitam Putih, Padangpangjang, Sumatera Barat), Ragil Sukriwul (Malang), Jumaali (Jurusan Teater STKW Surabaya), Arim Kamandaka (Ponorogo), Komunitas Suket Indonesia, Bambang Pribadi (Teater Sahid Jakarta), Retno Ratih Damayanti (Teater Garasi Jogjakarta, saat ini menjadi penata kostum film Ayat Ayat Cinta), Rizal Siregar (Jakarta).

Aktivitas lain yang menjadi kebanggaan LAF adalah Jagongan budaya yang diadakan setiap 2 bulan sekali, sekaligus merupakan agenda tahunan Sanggar Lidhie Art Forum Mojokerto. (*)

Radar Mojokerto, Sabtu, 05 Apr 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: