Di-Launching Pakai Gamelan

FESTIVAL Seni Surabaya (FSS) 2008 siap digelar. Sebagai pembuka, hari ini (6/3) diadakan launching berbentuk pergelaran gamelan bertajuk G.M Sidharta in Concert.

Menurut Riadi Ngasiran, ketua panitia FSS, acara tersebut merupakan barikan, yakni ancang-ancang sebelum memasuki hajat yang lebih besar. “Itu merupakan spirit,” katanya. Hajat besar yang dimaksud adalah FSS yang dilaksanakan pada 1-15 Juni mendatang.

Kelompok gamelan dan wiridan Laras Madyo Al Muqorobbun, Klaten, Jawa Tengah, siap tampil di Gedung Cak Durasim nanti malam. Dalam pergelaran tersebut, rencananya G.M Sidharta, pemimpin kelompok, membacakan geguritan (puisi Jawa). Akan tampil pula Budi Palopo dan Widodo Basuki. Keduanya akan membacakan geguritan.

Menurut Riadi, pihaknya akan mengoptimalkan seniman lokal di Jawa Timur. Diharapkan, festival tahun ini bisa menjadi etalase bagi seniman untuk memasuki kancah yang lebih luas. “Ada sharing antara seniman muda dengan yang senior,” jelas pria berkacamata tersebut.

Karena itu, pihaknya sedang menelusuri para seniman yang ada di pelosok Jawa Timur.

Ratna Riantiarno dipastikan bermonolog dalam FSS tahun ini. Selain itu, panitia berencana mempertemukan kembali musisi Surabaya yang sudah menyebar. “Itung-itung reuni,” katanya.

Misalnya, Wisnu Padma yang berkonsentrasi di jazz dan Franky Sahilatua yang menyeriusi musik country. (dee/dos)

Jawa Pos, Kamis, 06 Mar 2008,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: