Cinta Lingkungan lewat Lukisan

MENYONGSONG Hari Kebangkitan Nasional 2008, Komunitas Perupa Peduli Lingkungan (KPPL) mengadakan pameran seni nasional di Kampoeng Seni Indonesia, Kompleks Perumahan Pondok Mutiara, Sidoarjo. Pameran itu direncanakan berlangsung pada 20 Mei hingga 3 Juni mendatang.

Soft opening pameran tersebut dilakukan pada Sabtu (23/2) lalu oleh anggota DPRD Sidoarjo Candra Nohta. Dia berharap agar Kampoeng Seni Indonesia bisa menjadi aset budaya di Sidoarjo. “Nanti (Kampoeng Seni Indonesia, Red) menjadi pusat kesenian di Sidoarjo,” lanjutnya.

Pameran untuk soft opening berlangsung hingga 2 Maret mendatang. Kegiatan tersebut diikuti 66 seniman dari berbagai daerah, seperti Surabaya, Tuban, Mojokerto, dan Jakarta.

Jupri Abdullah, ketua pelaksana, mengatakan bahwa soft opening itu diadakan untuk memacu seniman agar aktif mengeluarkan ide-idenya. “Khususnya, mengolah kembali barang bekas menjadi barang yang punya nilai jual,” tambahnya. Karya seni yang dipamerkan, di antaranya, terbuat dari kain perca, kulit bawang merah, perban, jaring ikan, batang pohon, dan daun.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah lukisan berukuran 3 x 3 meter. Lukisan karya Jupri itu berbahan dasar karung goni yang diambil dari kapal. Lukisan tersebut lantas diberi judul Fokus Meditasi. (nuq/dos)

Jawa Pos, Senin, 25 Feb 2008,

2 Responses

  1. mohon data lebih lanjut tentang perupa peduli lingkungan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: