Angkat Sisi Keseharian dalam Lukisan

SURABAYA – Telekomunikasi pun bisa jadi objek lukisan Dukan Wahyudi. Pelukis Surabaya itu mewujudkannya. Rencananya, 25 lukisan dipamerkan di Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) Jakarta pada April mendatang.

Kemarin siang (16/2), Dukan berdiskusi dengan rekan-rekannya di Kelompok Pekerja Seni Pencinta Sejarah (KPSPS). Enam orang hadir dalam diskusi tersebut. Yaitu, Freddy H. Istanto (kurator lukisan), Mahmud Yunus Al Willy (dosen sejarah Unair), Hardono (pelukis spesialis sketsa), Jarwoko (pelukis), Rully (penikmat lukisan), dan Dukan Wahyudi (pelukis) sendiri. Bertempat di kediaman Dukan, Jl Karang Menjangan, Surabaya, mereka asyik berdiskusi tentang lukisan Dukan yang akan dibawa ke Jakarta.

Mereka berdiskusi, membedah lukisan milik Dukan. Menurut Freddy, yang juga dekan Fakultas Desain dan Teknologi Universitas Ciputra, lukisan Dukan sudah mewakili zamannya. Namun, Freddy menyatakan agak risi dengan teks verbal pada lukisan Dukan. Menurut dia, Dukan tak perlu memasukkan teks pada lukisan itu. “Biar penikmat mengapresiasikannya dengan liar,” ujarnya.

Dukan, si pelukis, punya alasan sendiri. Baginya, teks tersebut adalah satu kesatuan utuh. “Tidak berdiri sendiri,” tutur ayah satu anak itu. Dukan mengakui, dirinya memang sempat terjebak dengan satu lukisannya.

Lukisan Dukan memang sarat kritik sosial seputar dunia seluler. Menurut Rully, Dukan memiliki kemutakhiran dalam melukis. “Seorang seniman yang tidak lagi egois pada kesenimanannya,” kata Rully.

Dukan Wahyudi menggeluti dunia lukis sejak awal 1990-an. Mulanya, dia banyak melukis tokoh. Sampai akhirnya pada 2005, dia memulai usaha counter HP. Persentuhannya dengan dunia seluler mendatangkan inspirasi tersendiri. Terkadang keluhan pelanggan pun menjadi inspirasi. “Sejak itu saya mulai menemukan apa yang saya cari,” ujar Dukan. (dee/dos)

Jawa Pos, Minggu, 17 Feb 2008,

One Response

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: