Produksi ke 80, Teater Gapus Keliling Tiga Kota

suarasurabaya.net| Kondisi bar Moro Kenceng yang sepi membuat MARJONO (si pemilik bar) menjadi resah. Mak SUN sebagai pelacur kawakan dan tangan kanan MARJONO berusaha untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengundang para pelaut yang baru merapat dari Korea (diantaranya ada tokoh: KUNTHET, KUSNI, dan KRIWIL).

Mak SUN bermaksud untuk menjebak, dengan meracuni, mereka dan menyerahkan mereka kepada kapten kapal Amindra (sebuah kapal Argentina) yang membutuhkan dua budak untuk berlayar lagi.

Persetujuan sudah dibuat Mak SUN dengan kapten kapal Amindra tersebut, dan MARJONO dengan terpaksa menyetujuinya. Namun ternyata Mak SUN juga memiliki maksud lain, yaitu mengambil alih bar Moro Kenceng, lalu menyingkirkan MARJONO untuk membalas dendam karena telah membuatnya menjadi pelacur.

Hanya satu pelaut yang terjebak (KUNTHET), tapi tanpa sepengetahuan MARJONO, ternyata korban satunya adalah MARJONO sendiri (hal ini adalah perjanjian Mak SUN dengan awak kapal Amindra). Sebelum awak Amindra datang, ternyata fakta lain ditemukan Mak SUN, bahwa MARJONO ternyata benar-benar mencintainya.

Namun semua sudah terlambat. Perjanjian mesti dilaksanakan. Satu sisi Mak SUN mendapat bar, namun juga mesti kehilangan MARJONO, orang yang mencintainya dan sebenarnya juga ia cintai.

Itulah sinopsis Perjalanan Panjang yang rencananya akan dipentaskan di tiga kota, Surabaya, Bandung, dan Solo dalam rangka memperingati produksi ke 80 Teater Gapus. Untuk pentas di Surabaya digelar pada 31 Januari 2008, sesuai siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (29/01) akan dipentaskan di Gedung Cak Durasim TBJ Jl. Gentengkali.

Naskah yang disutradari oleh KHARISMA LJ ini mencoba kembali mementaskan permasalahan klasik, yaitu perang dominasi antar gender. Namun di dalamnya juga banyak terdapat renik-renik permasalahan, misalnya tentang spirit Surabaya sebagai sebuah kota, psikologi tokoh, dan lain-lain. Dalam konsep pemanggungan mencoba mengeksplorasi estetika realisme.(tok)

29 Januari 2008, 14:59:30, Laporan J. Totok Sumarno

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: