Bangkit dengan Spirit 5 Kota

SIDOARJO – Pesan moral dan spirit kebangkitan diusung oleh seniman-seniman dari lima kota, yakni Sidoarjo, Tuban, Gresik, Lumajang, dan Lamongan. Mereka memamerkan karya-karya seni dengan roh denyut napas daerah masing-masing di Pendapa Delta Krida Budaya Jl Sultan Agung.

Ada sebelas seniman yang tampil. “Mereka adalah seniman yang peduli dengan keadaan alam dan sosial Indonesia,” ungkap Didiek S. Maruf, koordinator pameran itu.

Dalam pameran yang akan berlangsung hingga Sabtu (26/1), kata Didik, karya seni naturalis, ekspresif, dekoratif, dan karakteristik aliran lain sesuai dengan ciri khas pelukis bisa diapresiasi oleh penikmat seni. “Peserta pameran berasal dari anggota Jambore Seni Rupa Nasional,” ujarnya.

Misalnya, ada lukisan yang menggambarkan keadaan sosial masyarakat pesisir di Tuban milik Syaifulamin. Dia melukis dua orang dalam gubuk di pesisir yang sedang menumbuk gula merah. Kegiatan tradisional seperti itu sudah jarang ditemui. “Banyak pantai yang sudah tercemar dan digunakan untuk hal-hal negatif,” papar dia.

Kondisi-kondisi sosial seperti itulah yang mendorong setiap seniman dari kota berbeda untuk bertemu. Mereka saling menyuntikkan semangat kehidupan.

Di tengah arena, juga ditampilkan patung Kasih Sayang milik Thalib Prasodjo. Patung tersebut seakan jadi perekat erat pancaran seni dari 30 lukisan di pameran itu. Patung Karya Pria yang akrab disapa Eyang Thalib tersebut menjadi simbol ajakan untuk saling mengasihi antar sesama. (nuq/roz)

Radar Sidoarjo, Selasa, 22 Jan 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: