Lukisan Dewan Kesenian Surabaya Ditemukan

SURABAYA – Berita raibnya lukisan koleksi DKS yang dimuat Jawa Pos Sabtu (19/1) lalu membuat Dji Bang Jo kaget. Sebab, kolektor lukisan itu menyimpan lukisan Parangtritis karya Nashar yang diberitakan hilang tersebut. Dia mengatakan mendapat lukisan tersebut dari seseorang berinisial YT pada Selasa (15/1) lalu.

“Selasa pagi lalu, YT datang ke tempat saya, bilang butuh uang untuk membayar sekolah anaknya. Dia menawarkan lukisan Nashar seharga Rp 5 juta. Sorenya saya bayar Rp 3 juta,” kata pria bernama asli Edi Rahmat itu. Lukisan tersebut lantas dibawa ke Komunitas Seni Arek Pakis di belakang Gedung Juang, Jalan Mayjen Sungkono.

Di ruko tempat berkumpulnya seniman lukis Dukuh Pakis itu, dia memperbaiki tampilan lukisan ombak warna merah dan oranye tersebut. Dia mengaku siap mengembalikan lukisan itu, asal biaya yang dikeluarkan untuk membeli dan memperbaiki diganti.

Di tempat yang sama, Supar Pakis, penggerak Komunitas Seni Arek Pakis, menyesalkan kejadian tersebut. Dia berharap agar DKS lebih teliti dalam mengelola asetnya. Selain itu, inventarisasi juga harus dilakukan secara rutin.

Sementara itu, saat Jawa Pos menghubungi YT, dia tidak mengelak bahwa lukisan tersebut diambilnya dari DKS. “Lukisan itu memang milik DKS,” ujar orang dalam DKS tersebut. Namun, saat ditanya lebih lanjut, dia tidak bersedia menjawab. “Senin (hari ini, Red) saja saya jelaskan lebih lanjut,” kilahnya.

“Kami berusaha menyelesaikan secara kekeluargaan. Intinya, sesegera mungkin lukisan itu bisa kembali ke DKS,” kata Staf Humas DKS Farid Syamlan. (uji/dos)

Jawa Pos, Senin, 21 Jan 2008,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: