Pameran demi Tanggung Jawab

IMPIAN Makhfoed untuk mengadakan pameran di Galeri Nasional Indonesia (GNI) di Jakarta terkabul. Proposal yang diajukannya setengah tahun lalu direspons positif (GIN). Minggu lalu, dia menerima undangan pameran tunggal di GIN pada 22 Februari hingga 1 Maret.

“Sebenarnya, saya ajukan untuk Mei saat ulang tahun saya. Tapi ternyata tidak bisa, ya nggak papa,” ujarnya kemarin (18/1). Dia menyatakan akan membawa 50-60 lukisan pada pameran tersebut. “Ini wujud pertanggungjawaban saya kepada publik,” tambahnya. Sejak awal berkarya, Makhfoed memang mendisiplinkan diri untuk mengadakan pameran tunggal setiap kali berulang tahun.

Mantan penata letak Jawa Pos era 1980-an itu mengatakan sedang ngebut menyelesaikan beberapa lukisan. Tahun ini, Makhfoed merampungkan lukisan Perjalanan Ke-103. “Sejak 1991, saya memang hanya memberi judul lukisan saya dengan Perjalanan. Judul dan cara pengartian setiap lukisan, saya serahkan kepada penikmat lukisan,” katanya. (uji/dos)

Jawa Pos, Sabtu, 19 Jan 2008

Leave a Reply

