Belajar Membuat Komik

SURABAYA – Apa yang dilakukan penggemar komik saat bertemu dengan pengarang komik? Meminta tanda tangan, tentu. Namun, Meet and Greet penulis dan penggemar komik yang dihelat di Pusat Kebudayaan Prancis (CCCL) kemarin (11/1) berbeda. Penggemar komik bisa minta petuah kepada sang penulis tentang tip dan trik menulis komik.

Marico, salah seorang penulis komik yang ikut dalam acara tersebut, mengatakan senang bisa bertemu dengan pembaca komiknya langsung. Di mejanya tampak beberapa gambar hasil karya penggemar Marico yang dipersembahkan untuknya. “Beberapa yang datang meminta tip cara menulis dan menggambar tokoh komik. Setelah itu, mereka langsung mencobanya sendiri,” kata Marico kemarin.

Kepada pembaca komik, dia banyak menyarankan untuk terus belajar menggambar jika ingin serius menulis komik. “Sebenarnya, bakat bukan satu-satunya unsur yang dibutuhkan. Setiap pencinta komik ujung-ujungnya pasti ingin mencoba membuat sendiri. Nah, kalau mau belajar, sebenarnya, itu tidak sulit,” ujarnya.

Dia mencontohkan dirinya. Awalnya, penulis dari Jakarta itu hanya gandrung membaca komik. Selepas kuliah, dia tertarik untuk menulis komik sendiri. Penggemar Doraemon dan X-man tersebut sudah menelurkan tiga komik tahun lalu. “Karena produksi indie, setiap ada ide, itu bisa langsung dicetak sendiri,” kata pemilik M Production tersebut. (uji/dos)

Jawa Pos, Sabtu, 12 Jan 2008

2 Responses

  1. miiko

  2. bagusssssssssss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: